You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Dinas Kebersihan DKI Jakarta akan memberikan peralatan standar keamanan dan keselamatan kerja yang s
Ribuan petugas honorer harian lepas yang diperkerjakan sebagai pembersih sekaligus juru kampanye kebersihan seluruh kali di ibu kota akhirnya bisa bernafas lega. Sebab, .
photo doc - Beritajakarta.id

Ahok Curiga Ada Mark Up Petugas Kebersihan

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mencurigai adanya mark up (penggelembungan dana) yang diseludupkan melalui petugas kebersihan DKI non PNS yang tercatat berjumlah 10.271 orang.

Kalo jumlahnya segitu, Jakarta sudah bersih tanpa adanya i bu-ibu bapak sekalian. Saya curiga ini angka siluman

Dikatakan Basuki, dari sejumlah petugas kebersihan non PNS DKI tersebut, dana dimainkan untuk menghabiskan subsidi Pemprov DKI lantaran harus membayar honorarium para pegawai ilusi tersebut. Terlebih, angka tersebut bukanlah angka yang sebenarnya alias angka siluman.

Angka sebesar 10.271 yang tercatat itu, lanjut Basuki, merupakan angka siluman. Pasalnya, jika memang benar angka demikian tercapai, tidak akan ada lagi sampah yang masih tercecer di ibu kota.

150 Petugas Kebersihan Mogok, Sampah Menumpuk

"Kalau jumlahnya segitu, Jakarta sudah bersih tanpa adanya ibu-ibu dan bapak sekalian. Saya curiga ini angka siluman," ucap Mantan Bupati Belitung Timur itu, dalam rapat terbuka mengenai masalah pengangkutan sampah dengan pihak swasta, di Balaikota, Kamis (8/5).

Kecurigaan Basuki terjadi, lantaran dalam laporan rapat yang ia terima terdapat beberapa coretan hasil ketikan komputer yang kemudian diganti dengan tulisan tangan. Ketidakpastian angka petugas tersebut juga diperkuat dengan ketiadaannya daftar nama beserta wilayah kerja penempatan petugas untuk masing-masing wilayah.

"Kan nggak ada dilaporannya, siapa-siapa saja yang bekerja dan untuk di wilayah mana saja. Untuk itu saya kasih kesempatan selama 2 minggu untuk menyusunnya. Kalo memang perlu ditambah jadi 20 ribu orang, ya katakan saja. Tidak perlu dilebihin," kata Basuki.

Dalam rapat tersebut, hanya satu pihak swasta yang dapat merinci jumlah petugas kebersihan untuk wilayah Jakarta Barat yakni sebanyak 864 orang.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1224 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1123 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1086 personTiyo Surya Sakti
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1056 personNurito
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye983 personAldi Geri Lumban Tobing