You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 Atasi Genangan, Jaktim Bangun Sodetan di Kramatjati
.
photo Nurito - Beritajakarta.id

Jaktim Bangun Sodetan di Jl Inerbang Raya

Guna mengatasi genangan yang sering terjadi di Jl Inerbang Raya, RW 03 dan 05, Kelurahan Tengah, Kramatjati, Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Timur saat ini tengah membuat sodetan ke Kali Induk.

Proyek ini merupakan lanjutan dari tahun lalu. Sebab jika tidak dilanjutkan maka lingkungan warga masih tetap tergenang

Wali Kota Jakarta Timur, Bambang Musyawardana mengatakan, sodetan sepanjang 70 meter yang dibangun di tengah Jl Inerbang Raya ini menghubungkan saluran air dari Jl Inerbang IV ke saluran penghubung (Phb) Tengah atau Kali Induk.

Proyek ini, sambung Bambang, merupakan lanjutan dari pembuatan sodetan tahun sebelumnya yang panjangnya mencapai 85 meter.

Sosialisasi Pembuatan Sodetan PHB Rawa Kebo Dilanjutkan

“Sodetan ini dibuat untuk mengatasi genangan yang sering terjadi di Jl Inerbang Raya. Proyek ini merupakan lanjutan dari tahun lalu. Sebab jika tidak dilanjutkan maka lingkungan warga masih tetap tergenang,” ujar Bambang, saat meninjau pembuatan sodetan Jl Raya Inerbang Raya, Selasa (24/11).

Konsultan pengawas proyek sodetan, Jhon Leonard menilai, kontraktor pekerjaan sodetan ini masih kurang profesional, karena bibir bekas galian tidak diturap dan rawan longsor.

“Tanah bekas galian juga ditumpuk di depan rumah warga sehingga banyak warga protes. Harusnya tanah bekas galian diangkut secara bertahap,” ujar Jhon.

Ditambahkan Jhon, pihaknya sudah beberapa kali menegur pihak kontraktor namun tidak pernah diindahkan. Karenanya pihaknya akan memberikan catatan atas pelaksanaan proyek tersebut untuk dilaporkan ke Suku Dinas Tata Air Jakarta Timur selaku pengguna anggaran proyek sodetan ini.

Pantauan di lapangan, pembuatan sodetan ini dikerjakan oleh sekitar enam pekerja. Pipa berdiameter 120 sentimeter, ditanam dengan kedalaman sekitar enam meter. Pembuatan sodetan menggunakan satu alat mesin jacking dan crane untuk pengangkutan tanah dari dasar sodetan.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1227 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1153 personTiyo Surya Sakti
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1127 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1060 personNurito
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1044 personAldi Geri Lumban Tobing