You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Picu Banjir di 3 Titik, Saluran Phb TMII 27 Tahun Tak Dikeruk
.
photo Nurito - Beritajakarta.id

Sedimentasi Saluran PHB TMII Picu Genangan di 3 Lokasi

Sedimentasi saluran penghubung (PHB) Taman Mini Indonesia Indah (TMII) memicu genangan di SMAN 113, SMPN 272 dan Yayasan Pondok Pesantren Minhaajurrosyidin, Lubang Buaya, Cipayung, Jakarta Timur.

Kondisi ini diperparah dengan belum tuntasnya proyek normalisasi Kali Sunter

Lurah Lubang Buaya, Fathoni mengatakan, saluran PHB  TMII tidak pernah dikeruk sejak tahun 1988 lalu. Akibatnya, terjadi sedimentasi setinggi satu meter di saluran sepanjang satu kilometer, mulai dari Pintu 2 TMII hingga Jembatan Molek Kali Sunter, Jalan Raya Pondok Gede.

"Kondisi ini diperparah dengan belum tuntasnya proyek normalisasi Kali Sunter. Sehingga saat kali tak menampung debit air, terjadi luapan di seluruh saluran penghubung yang ada," ujar Fathoni, Senin (7/12).

Januari, Saluran PHB TMII Dikeruk

Fathoni mengaku, sudah mengusulkan pengerukan sejak 2014 lalu, namun hingga kini belum ada realisasinya. Untuk mencegah adanya banjir lebih besar, pihaknya sudah melakukan penanganan dengan mengerahkan petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) dibantu masyarakat dan anggota Pusat Teritoriat TNI AD.

"Kerja bakti itu hanya bisa menjangkau sampah di sepanjang saluran Phb itu, sedangkan sedimentasi tidak bisa dikeruk karena ini kewenangan Sudin Tata Air Jakarta Timur,"ujar Fathoni.

Bambang, Ketua Yayasan Ponpes Minhajurrosyidin mengatakan, pesantrennya tergenang setinggi satu meter. Areal yang tergenang adalah tujuh  rumah pengurus, kantor koperasi, dapur umum, masjid, kantor administrasi. Kemudian ruang kelas PAUD dan areal parkir. Akibatnya ratusan buku, komputer, kasur dan peralatan lainnya hancur.

"Dampak luapan Saluran PHB TMII, lingkungan Ponpes kami tergenang sampai 1 meter. Akibatnya ratusan buku, komputer, kasur dan peralatan lainnya rusak," ucap Bambang.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1219 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1109 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1045 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye895 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye811 personAldi Geri Lumban Tobing