You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Basuki Tjahaja Purnama Waisak di Vihara Ekayana Arama
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama menghadiri Perayaan Tri Suci Waisak di Vihara Ekayana Arama, Jakarta Barat, Kamis (15/5). Ribuan umat Budha dari DKI Jakarta juga tampak memadati vihara tersebut..
photo Desri Arfin - Beritajakarta.id

Waisak, Basuki Tekankan Kebersihan Ibu Kota

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama menghadiri Perayaan Tri Suci Waisak di Vihara Ekayana Arama, Jakarta Barat, Kamis (15/5). Ribuan umat Budha dari DKI Jakarta juga tampak memadati vihara tersebut.

Soal sampah, satu orang bisa menggenggam sampah, bayangkan sejuta orang, maka masalah sampah bisa dibenahi

Tiba sekitar pukul 10.40 WIB, kedatangan Basuki langsung disambut oleh pengurus di kantor vihara yang berjarak sekitar 50 meter dari vihara.

4.000 Umat Budha Padati Vihara Dhammacakka

Disela perayaan, Basuki menyampaikan beberapa pesan tentang hidup sehat, berkesadaran, tertib, dan cinta kasih sesuai dengan ajaran Budha.

"Mau meninggalkan kemauan sendiri demi kepentingan orang banyak. Pengorbanan diri adalah yang paling penting," ujar Basuki, Kamis (15/5).

Namun, kata Basuki, di zaman sekarang banyak manusia yang justru jauh dari keteladanan itu. Misalnya, masih banyak orang buang sampah sembarangan di ibu kota. Menurut Basuki, andaikan saja satu warga mau memungut satu sampah, maka kebersihan di Jakarta bisa teratasi.

"Soal sampah, satu orang bisa menggenggam sampah, bayangkan sejuta orang, maka masalah sampah bisa dibenahi," ucapnya.

Sementara, pimpinan Wihara Ekayana Arama, Bhante Aryamaitri Mahasthavira, mengatakan, tema Waisak kali ini mengandung makna strategis yang dapat menggugah hati umat Budha untuk lebih mengamalkan ajaran Budha dan sangat relevan dengan kondisi aktual serta kehidupan yang sangat dinamis saat ini.

"Secara subtansial ada pesan mendalam bahwa interaksi dalam sesama manusia, alam, serta semua makhluk hidup adalah satu perangkat kesatuan yang saling menunjang dan saling melengkapi satu sama lain berdasarkan landasan kesadaran," ujarnya.

Ditambahkan Bhante, ajaran Budha yang penuh cinta kasih bukan hanya sekadar dipahami, namun semangat dan esensinya harus diimplementasikan dalam keseharian dimensi kehidupan.

Puncak perayaan Tri Suci Waisak, Kamis (15/5) diawali penyambutan detik-detik Waisak pukul 02:13:27 WIB. Umat Budha di Wihara Ekayana Arama melakukan meditasi bersama dan perenungan.

Selanjutnya, puncak perayaan dilanjutkan dengan rangkaian upacara Pindapata, Pujabakti dan Wisudhi. Pindapata adalah tradisi pengumpulan dana dan makanan yang dilakukan umat kepada para biksu yang berjalan berkeliling ke tempat umat.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1228 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1156 personTiyo Surya Sakti
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1129 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1103 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1061 personNurito