You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
kopaja lewat permukiman rio
kopaja lewat permukiman rio .
photo Rio Sandiputra - Beritajakarta.id

Warga Keluhkan Kopaja Melewati Pemukiman

Rekayasa lalu lintas dengan menutup persimpangan Pasar Cipete di Jl Pangeran Antasari, Jakarta Selatan menyulitkan angkutan umum melewati rute tersebut. Akibatnya, pada jam-jam sibuk banyak angkutan umum yang melewati jalan pemukiman warga.

Kan bahaya sekali bus lewat. Kalau pas anak-anak sedang masuk dan pulang, takut terjadi kecelakaan

Mereka mencari jalan alternatif untuk menghindari kemacetan di Jl Pangeran Antasari dan Jl Fatmawati Raya. Selain membahayakan keselamatan warga, hal ini juga menyebabkan polusi udara yang berlebihan.

"Ya, sejak persimpangan itu ditutup banyak metromini dan kopaja lewat Jalan Haji Abu Cipete ini. Terutama kalau jam sibuk pagi dan sore," ungkap Haryadi (45) salah satu warga RT 06/07 Cipete Selatan, Kamis (22/5).

PT Transjakarta Akan Kelola Angkutan Umum di Ibu Kota

Kondisi ini membuat warga resah. Selain jalan pemukiman, di daerah tersebut juga ada beberapa sekolah. "Kan bahaya sekali bus lewat. Kalau pas anak-anak sedang masuk dan pulang, takut terjadi kecelakaan," keluhnya.

Haryadi mengatakan, sejumlah angkutan umum yang biasa menggunakan jalur alternatif tersebut antara lain Kopaja S614 Pasar Minggu-Cipulir, Kopaja P19 Tanah Abang-Ragunan dan Kopaja S63 Blok M-Depok. "Mengganggu karena berisik, dan yang paling parah asap knalpot bus itu sudah hitam pekat. Kok bisa ya, angkutan umum seperti itu masih dikasih izin jalan," ungkapnya.

Warga sendiri sudah berkoordinasi dengan pihak pengurus lingkungan dan kelurahan untuk diteruskan ke Dinas Perhubungan DKI Jakarta. "Kami sudah musyawarah dengan pihak kelurahan, supaya disampaikan segera ke instansi terkait," tuturnya.

Kepala Suku Dinas Perhubungan Jakarta Selatan Arifin Hamonangan berjanji segera mengirimkan petugas yang memantau jalan tersebut. Jika memang ada pelanggaran rute akan segera ditindak. "Ini memang sudah kita pantau, bahkan pernah ada 3 metromini yang kita tilang karena melewati jalan pemukiman yang bukan trayeknya. Jika terbukti melanggar akan kami kandangkan," tegasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1229 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1160 personTiyo Surya Sakti
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1130 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1122 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1062 personNurito