You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
parkir roxy bikin macet
parkir roxy bikin macet .
photo Yopie Oscar - Beritajakarta.id

Penertiban Parkir Liar Terkendala Payung Hukum

Suku Dinas Perhubungan (Sudinhub) Jakarta Pusat mengaku belum maksimal menertibkan parkir liar di sepanjang Jalan KH Hasyim Ashari, Gambir, tepatnya di bawah flyover ITC Roxy Mas dan di depan Mapolres Jakarta Pusat, Salemba karena tidak adanya payung hukum.

Kita masih tunggu adanya payung hukum dalam penertiban parkir liar. Karena sejauh ini sanksi tilang hanya bisa dilakukan Polantas

Pasalnya, tindakan tegas seperti sanksi tilang terhadap kendaraan pribadi baik roda dua maupun empat yang parkir liar di bahu jalan dan trotoar merupakan kewenangan kepolisian.

"Kita masih tunggu adanya payung hukum dalam penertiban parkir liar. Karena sejauh ini sanksi tilang hanya bisa dilakukan Polantas," kata Syamsudin, Kepala Sudinhub Jakarta Pusat, Senin (2/6).

Parkir Liar Truk Kontainer Marak di Jakut

Syamsuddin mengatakan, kendaraan yang parkir liar di bahu jalan dan trotoar selama ini didominasi kendaraan pribadi, bukan angkutan umum. Sehingga pihaknya tak bisa menjatuhkan sanksi tilang seperti halnya kepada angkutan umum.

"Yang banyak parkir liar itu mobil pribadi dan motor. Sementara kita hanya punya wewenang tilang kendaraan umum," ujarnya.

Menurut Syamsuddin, untuk membuat efek jera pemilik kendaraan yang parkir liar, pihaknya hanya dapat menggelar razia cabut pentil di lapangan. Hal tersebut nyatanya tetap tak mampu membuat pengendara kapok memarkirkan kendaraan di lokasi parkir liar.

"Buktinya parkir liar di Roxy dan depan Mapolres Jakarta Pusat menjamur lagi," ucapnya. 

Pihaknya, kata Syamsudin, telah mengajukan usulan adanya payung bagi jajarannya agar penertiban bisa berjalan efektif. Usulan tersebut disampaikan langsung ke Walikota Jakarta Pusat, Saefullah sebagai pemangku wilayah.

"Sekarang ini kita tinggal tunggu persetujuan dari Walikota saja. Kalau sudah ditandatangani baru kita bergerak tertibkan parkir liar di Roxy dan depan Polres Jakarta Pusat," tegasnya.

Kasie Operasional Pengawasan dan Pengendalian Sudinhub Jakarta Pusat, Harlem Simanjuntak menambahkan, pihaknya juga telah menggandeng pihak swasta untuk menyediakan kantong parkir bagi kendaraan yang parkir liar di bawah flyover Roxy.

"Lokasi kita siapkan di samping ITC Roxy, atau lebih tepatnya di Gang Subur," jelasnya.

Harlem menjelaskan, areal parkir tersebut dapat menampung sekitar 1.500 sepeda motor. Setelah adanya kantong parkir itu, pengunjung Roxy tidak akan ada lagi yang memarkirkan kendaraan di bawah flyover.

"Kalau pun mau parkir di luar harus di tempat yang sudah kita tentukan, jangan di bawah flyover," ungkapnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Jaksel dan Jaktim Diprakirakan Hujan Hari Ini

    access_time30-06-2024 remove_red_eye1200 personFolmer
  2. Satgas LH Angkut 56 Ton Sampah dari Kawasan Monas

    access_time02-07-2024 remove_red_eye1128 personBudhi Firmansyah Surapati
  3. Jakbar dan Jaksel Bakal Diguyur Hujan Sore Ini

    access_time29-06-2024 remove_red_eye1126 personAnita Karyati
  4. Parkir Liar di Jalan Senopati Ditindak

    access_time02-07-2024 remove_red_eye930 personTiyo Surya Sakti
  5. Beritajakarta Dapat Penghargaan pada ASEAN+ Youth Environmental Action 2024

    access_time29-06-2024 remove_red_eye928 personNurito