You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Tumpukan-Sampah-Kedoyautara-II.jpg
....
photo doc - Beritajakarta.id

Kecamatan Menteng Kewalahan Atasi Sampah

Peralihan pengelolaan sampah dari pihak swasta ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI yang dilakukan sejak Januari 2014 membuat aparatur Kecamatan Menteng justru khawatir. Penyebabnya, armada truk sampah yang dimiliki kecamatan tersebut menjadi berkurang.

Armada truk sampah jadi berkurang, tujuh unit yang kita punya sekarang tidak seimbang dengan volume sampah yang dihasilkan

Karena kekurangan armada, volume sampah di seluruh wilayah Kecamatan Menteng menjadi tak bisa terurai dengan maksimal. "Awalnya 90 persen sampah di wilayah kita dikelola swasta. Tapi per-Januari diambil alih Pemprov DKI," kata Bondan Dyah Ekowati, Camat Menteng, Sabtu (7/6).

Dikatakan Bondan, semenjak swastanisasi pengelolaan sampah diambil alih Pemprov DKI, armada truk sampah di wilayahnya berkurang dari 17 menjadi tujuh unit karena ditarik pihak swasta. "Armada truk sampah jadi berkurang, tujuh unit yang kita punya sekarang tidak seimbang dengan volume sampah yang dihasilkan," katanya.

DKI Terima 53 Truk Sampah dari Pengusaha Tionghoa

Ditambahkan Bondan, minimnya armada truk sampah yang dimiliki pihaknya telah disampaikan ke Sudin Kebersihan dan Walikota Jakarta Pusat.

Pengurangan unit ini, sambung Bondan, membuat penumpukan sampah di Menteng belum terurai maksimal. "Kami sudah usulkan penambahan armada buat lima kelurahan di Kecamatan Menteng ke Pemerintah Kota," ucapnya.

Idealnya, kata Bondan, armada turk sampah untuk di wilayahnya minimal berjumlah 15 unit. Armada tersebut nantinya akan dibagi ke Kelurahan Menteng, Gondangdia, Cikini, Menteng dan Pegangsaan.

Bondan menuturkan, kabarnya pada Juli mendatang, pihaknya akan mendapat bantuan tambahan lima unit armada truk sampah dari Pemkot Jakarta Pusat. Armada tambahan itu nantinya akan digunakan untuk mengangkut sampah di lima wilayah kelurahan setiap pagi dan sore hari.

"Bantuan lima unit truk itu akan digunakan 100 petugas kebersihan kita yang bekerja tiga shift," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1225 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1144 personTiyo Surya Sakti
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1125 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1058 personNurito
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1019 personAldi Geri Lumban Tobing