You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Masjid Luar Batang Aman Dari Pembongkaran
.
photo TP Moan Simanjuntak - Beritajakarta.id

Warga Pasar Ikan Penjaringan Tak Lagi Resah

Warga di kawasan Pasar Ikan, Kelurahan Penjaringan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, mengaku tidak lagi resah. Pasalnya, Pemrov DKI Jakarta telah menjamin Masjid Luar Batang dan makam di areal masjid yang berada di wilayah RW 03, Kelurahan Penjaringan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara aman dari pembongkaran.

Kami dan warga sekitar jadi tenang

Mansur Amin (50), Sekretaris Masjid Luar Batang mengatakan, sedari awal saat surat berupa sosialisasi rencana pembongkaran hunian di kawasan Sunda Kelapa yang melingkupi kawasan Pasar Ikan dan Kampung Bahari, pemerintah sudah menyatakan tidak akan membongkar masjid dan makam.

Namun demikian, diakui Mansur, pengurus masjid dan warga sempat resah. Sebab, dalam isi surat edaran berupa sosialisasi rencana pembongkaran yang diedarkan pihak kecamatan, tidak dijelaskan kalau Masjid Luar Batang dan makam tidak akan terkena pembongkaran.

Cagar Budaya Masjid Luar Batang Tidak Dibongkar

"Namun dengan kehadiran Camat, Kapolsek dan Danramil ke Masjid Luar Batang, Rabu (30/3) malam yang memberitahukan pada pengurus masjid kalau masjid dan makam tidak dibongkar, maka kami dan warga sekitar jadi tenang," katanya, Kamis (31/3).

Dikatakan Mansur, Masjid Luar Batang merupakan Masjid bersejarah yang banyak dikunjungi wisatawan luar negeri, seperti dari Malaysia dan Singapura. Selain wisatawan biasa, sejumlah pejabat dari dalam dan luar negeri, seperti Menlu Australia dan mantan Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono, pernah mengunjungi Masjid Luar Batang.

Ditambahkan Mansyur, dengan penataan yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta, dirinya berharap, pemukiman menjadi lebih tertata dan bagus seperti kampung deret.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1228 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1156 personTiyo Surya Sakti
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1129 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1103 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1061 personNurito