You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 Petugas disebar ke lima wilayah Jakarta untuk mengecek ketersediaan pasokan tabung gas 3 kilogram d
Menjelang bulan suci Ramdhan, tim terpadu Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Perdagangan DKI Jakarta menggelar operasi mendadak (sidak) terkait pasokan tabung gas elpiji di Jakarta, Kamis (19/6)..
photo doc - Beritajakarta.id

Jelang Ramadhan, Pasokan Gas 3 Kg di Ibu Kota Aman

Menjelang bulan suci Ramdhan, tim terpadu Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan (KUMKMP) DKI Jakarta menggelar operasi mendadak (sidak) terkait pasokan tabung gas elpiji di Jakarta, Kamis (19/6). Petugas disebar ke lima wilayah Jakarta untuk mengecek ketersediaan pasokan tabung gas 3 kilogram di pasaran.

Ada sebanyak 15 distributor dan pengecer yang dicek oleh tim terpadu di lapangan

"Ada sebanyak 15 distributor dan pengecer yang dicek oleh tim terpadu di lapangan," kata  Irwandi, Sekretaris Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan (KUMKMP) DKI.

Irwandi mengatakan, berdasarkan hasil sidak tim terpadu, dipastikan pasokan tabung gas kemasan 3 kilogram aman. "Tidak ada kelangkaan tabung gas untuk warga Jakarta. Penyaluran dari distrubutor ke agen - agen berjalan normal. Sepekan silam memang sempat tersiar informasi terjadi kelangkaan, namun Pertamina langsung menambah suplai pasokan tabung gas ke seluruh distributor di Jakarta," ujarnya.

UMKM di Jakbar Harus Tingkatkan Kualitas Produk

Tim terpadu, lanjut irwandi, saat menggelar sidak juga melakukan pengawasan dari aspek legal menyangkut perizinan dan adiministrasi serta aspek teknis. Dari aspek legal dan administrasi mencakup Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP), penunjukkan keagenan serta laporan penjualan juga memenuhi syarat.

"Sedangkan aspek teknis (metrologi), tim terpadu juga mengecek tabung gas harus berstandar SNI, pelabelan, isi dan kualitas tabung, harga eceran tertinggi (HET) di tingkat distributor dan agen serta pasokan atau distribusi. Agen maupun distributor yang dicek juga memenuhi aspek teknis," tuturnya.

Kepala Seksi (Kasie) Perlindungan Konsumen Dinas KUMKMP DKI, Oberlin Hutapea menambahkan, HET tabung gas kemasan 3 kilogram tingkat distributor di Jakarta di harga Rp 15.500 per tabung. Sedangkan HET di tingkat agen seharga Rp 17.500 per tabung.

"Kami  meminta Pertamina untuk menambah agen penjualan gas tabung 3 kilogram untuk menekan harga penjualan kepada masyarakat karena penjualan ditambah ongkos kirim," ungkapnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1223 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1121 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1051 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1030 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye953 personAldi Geri Lumban Tobing