You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
humanoid erna beritajakarta
humanoid erna beritajakarta .
photo Erna Martiyanti - Beritajakarta.id

Humanoid Jakarta Terbesar di Asia Tenggara

Jakarta International Humanoid yang digelar untuk memeriahkan HUT ke-487 DKI Jakarta merupakan acara yang terbesar di Asia Tenggara. Pasalnya, acara ini melibatkan sebanyak 487 seniman patung. Jumlah tersebut mengalahkan acara serupa di dunia yang hanya menampilkan sebanyak 200 seniman.

Humanoid ini terbesar di Asia Tenggara, karena belum pernah ada event memproduksi 487 manusia yang di-create jadi patung

Seniman Pantomim, Septiawan Dwi Cahyo mengatakan, acara ini merupakan terbesar di Asia Tenggara. Semula pihaknya kesulitan untuk mencari seminan yang jumlahnya sama dengan angka HUT DKI Jakarta.

Mau Lihat Patung Bergerak, Silakan ke Monas

"Humanoid ini terbesar di Asia Tenggara, karena belum pernah ada event memproduksi 487 manusia yang di-create jadi patung," kata Septian, di Balaikota DKI Jakarta, Jumat (20/6).

Bahkan, kata Septiawan, acara kali ini diikuti oleh dua seniman humanoid yang merupakan pemenang The World Championship of Living Statues 2013 di Kota Arnhem Belanda. "John Man dari Jerman dan Aston dari Bulgaria akan ikut dalam acara humanoid ini. Mereka terheran-heran karena akan ada patung orang sebanyak 487," ujarnya.

Menurutnya, komunitas humanoid di Jakarta tidak terlalu banyak. Sehingga untuk dapat mengumpulkan orang yang mau bergabung, pihaknya melibatkan seniman teater dan pantomim. Karena dua kesenian tersebut dianggap mirip dengan humanoid. "Kesulitan memang ada karena komunitas tidak terlalu banyak. Jadi untuk mengumpulkan 487 orang, kita ikut sertakan seniman teater dan pantomim," katanya.

Nantinya akan ada banyak karakter yang ditampilkan dalam Jakarta International Humanoid 2014. Untuk dapat menarik minat pengunjung, seniman asal Jerman John Man akan menjadi patung putih. Sehingga pengunjung bisa secara bebas menggambar bagian tubuhnya dengan cat yang telah disediakan.

Karakter lainnya yang akan ditampilkan diantaranya yakni berbagai patung yang ada di Jakarta, tokoh-tokoh nasional, pahlawan nasional, berbagai kebudayaan Betawi, dan pedagang Betawi. "Nantinya patung orang yang ditampilkan secara bergantian," katanya.

Acara sendiri akan digelar pada Minggu, 22 Juni 2014, bertepatan dengan HUT ke-487 DKI di Plaza Monas, Jakarta Pusat. Selain itu, para seniman juga akan tampil pada acara Malam Muda Mudi pada 21 Juni malam. Pengunjung yang datang juga bisa mengikuti workshop mengenai humanoid secara gratis.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Rintik Hujan Diprediksi Basahi Sebagian Jakarta Hari Ini

    access_time14-05-2024 remove_red_eye1332 personFolmer
  2. Ketua FKDM DKI Dukung Kebijakan Solutif Pj Gubernur untuk Jukir Minimarket

    access_time14-05-2024 remove_red_eye1199 personFolmer
  3. DKI Raih Penghargaan Best Booth Event Award di Seoul International Travel Fair 2024

    access_time14-05-2024 remove_red_eye1123 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. 1.726 Warga Lenteng Agung Dapat Bantuan Pangan Beras Gratis

    access_time14-05-2024 remove_red_eye1101 personTiyo Surya Sakti
  5. Dinkes dan DLH DKI Kampanye Atasi Polusi di RPTRA Pandawa

    access_time14-05-2024 remove_red_eye1041 personBudhi Firmansyah Surapati