You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 Kabupaten Usulkan Tiga Lokasi Pasar Tradisional
.
photo Suparni - Beritajakarta.id

Kepulauan Seribu Usulkan Pembangunan Pasar di 3 Pulau

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Administrasi Kepulauan Seribu mengusulkan pembangunan pasar di Pulau Pramuka, Untung Jawa serta Pulau Tidung Kecil, ke PD Pasar Jaya dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah

Kita sudah usulkan di Pulau Pramuka dan Untung Jawa. Selain itu kita usulkan di Tidung Kecil bila jadi dibangun rusun

Bupati Kepulauan Seribu, Budi Utomo mengatakan, hingga kini pihaknya bersama PD Pasar Jaya dan Kementerian Koperasi dan UKM, masih mematangkan konsep pasar yang akan dibangun. Nantinya, pasar akan disesuaikan dengan kebutuhan warga pulau.

Warga Pulau Seribu Masih Berharap Miliki Pasar..(Digabung)

"Kita sudah usulkan di Pulau Pramuka dan Untung Jawa. Selain itu kita usulkan di Tidung Kecil bila jadi dibangun rusun," ujarnya, Sabtu (21/5).

Menurut Budi, pihak PD Pasar Jaya dan Kementerian Koperasi dan UKM, secara prinsip sudah menyetujui rencana pembangunan. Sebab itu, secara teknis dilakukan pematangan kajian konsep.

"Mana yang cepat saja, PD Pasar jaya atau pemerintah pusat melalui Kementrian Koperasi dan UKM. Yang jelas konsepnya sudah kita sampaikan," katanya.

Ditambahkan Budi, nantinya pembangunan tidak hanya mengakomodir pasar tradisional. Direncanakan, pasar juga mengakomodir pedagang kuliner dan souvenir. Sehingga, keberadaan pasar juga menampung industri pariwisata Kepualauan Seribu.

Sementara itu, Enjum (36) warga RT 02/03 Kelurahan Pulau Pari, Kepulauan Seribu Selatan, mengaku kesulitan untuk mendapat pasokan kebutuhan sehari-hari. Untuk memasok kebutuhan pribadi dan warung kelontong yang dibuka, Ia harus menempuh perjalanan menggunakan kapal ke daratan.

Namun karena tingginya biaya operasional ke daratan, seringkali Ia memanfaatkan pasar kaget yang digelar warga dari daretan di wilayahnya. Sayangnya, pasar kaget hanya ada setiap jelang akhir pekan atau libur hari besar saja. 

"Ingin punya sendiri kayak di darat. Kalau ada pasar kan sayurannya selalu segar, nggak nunggu seminggu sekali atau keluar biaya banyak," keluhnya.

Menurutnya untuk mendapatkan sayuran segar warga Pulau Pari harus menunggu pasar kaget yang hanya ada setiap menjelang hari libur nasional atau setiap Jumat menjelang libur akhir pekan. Umumnya, pedagang datang untuk memenuhi stok bahan masakan homestay bagi wisatawan yang berlibur di Pulau Pari.

"Sayuran adanya hanya setiap mau hari libur saja. Kalau ada pasar tradisional harga beda sedikit nggak masalah yang penting selalu ada," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1231 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1166 personTiyo Surya Sakti
  3. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1166 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1135 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1063 personNurito