You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Program Si Gareng Puskesmas Cengkareng Raih Penghargaan
.
photo Folmer - Beritajakarta.id

Program Si Gareng Puskesmas Cengkareng Raih Penghargaan

Puskesmas Kecamatan Cengkareng meraih penghagaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2015 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Hasil analisa menyatakan bahwa sebagian besar pasien DM tidak paham terhadap kepatuhan berobat

Penghargaan diberikan atas inovasi pelayanan publik sehingga mampu meningkatkan kepatuhan berobat pasien yang mengidap diabetes mellitus (DM) melalui Gendis System di Poli Penyakit Tidak Menular (PTM) Puskesmas Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat.

Kepala Puskesmas Kecamatan Cengkareng, Nurmari Wahyu Hapsari mengatakan, berdasarkan data selama tahun 2014, pasien DM yang berobat di Poli PTM sangat rendah hanya sekitar 30 persen.

Puskesmas Cengkareng Terapkan SMS Gateway

Melihat itu, tim Gugus Kendali Mutu Puskesmas Cengkareng melakukan inovasi pelayanan Gendis System yang bertujuan dalam upaya pengendalian pasien DM. 

"Hasil analisa menyatakan bahwa sebagian besar pasien DM tidak paham terhadap kepatuhan berobat," ujarnya kepada Beritajakarta.com, Selasa (25/5).

Padahal, jika pasien DM tidak konsisten berobat akan berisiko komplikasi penyakit lainnya seperti jantung, ginjal dan bahkan bisa mengakibatkan kebutaan mata.

Dalam Gendis System dikenal dengan program si Gareng alias Sistem Informasi Gateway Puskesmas Cengkareng berbasis sms.

"Nanti operator akan memberikan nomor antrean pengobatan. Ini sangat membantu untuk memotong waktu antrean sekitar satu jam lamanya dan pasien tidak perlu berlama - lama mengantre di loket," tuturnya.

Pasien yang  ingin berobat cukup mengirimkan sms ke nomor telepon 087809193699. Selanjutnya, operator akan memberikan nomor antrean bagi pasien.

Program si gareng, lanjut Nurmari, juga membantu pasien maupun keluarga agar kembali kontrol pemeriksaan ke poli PTM sekitar dua minggu sekali.

"Operator si Gareng juga wajib mengirimkan pesan sms ke no telepon seluler pasien DM atau keluarganya yang isinya mengingatkan jadwal kontrol ke poli PTM," katanya.

Nurmari menambahkan,  melalui penerapan program si Gareng, kepatuhan pasien DM yang berobat di Poli PTM Puskesmas Cengkareng mengalami peningkatan.  Hingga akhir tahun 2015, angka kepatuhan berobat pasien DM yang semula 30 persen naik menjadi 70 persen.

"Kami juga berencana mengembangkan program Si Gareng untuk pasien ibu hamil dan DBD yang berobat ke Puskesmas Cengkareng," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. 30 Pohon Tabebuya Ditanam di Jalan Karet Pasar Baru Timur 2

    access_time17-01-2025 remove_red_eye1543 personBudhi Firmansyah Surapati
  2. 411.161 Wisatawan Kunjungi Kepulauan Seribu di Tahun 2024

    access_time18-01-2025 remove_red_eye1535 personAnita Karyati
  3. Petugas Padamkan Kebakaran di Mangga Besar XIII

    access_time21-01-2025 remove_red_eye1341 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. Dinas PPAPP Perkuat Pencegahan Pelecehan Seksual di Transportasi Publik

    access_time20-01-2025 remove_red_eye1246 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Pelaku UMKM di Pulau Tidung Bisa Segera Gunakan Loksem KS 02

    access_time17-01-2025 remove_red_eye903 personAnita Karyati