You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
PMI DKI Pastikan Stok Kantung Darah Aman Selama Ramadhan
.
photo doc - Beritajakarta.id

Ramadhan, PMI Gencarkan Donor Darah di Mal

Minimnya minat warga mendonorkan darahnya saat siang hari di bulan Ramadhan, membuat Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta menggencarkan kegiatan donor darah pada malam hari demi memenuhi kebutuhan darah. Selama Ramadhan, kegiatan donor akan dilakukan seusai shalat Tarawih.

Nanti saat puasa, kita mulai keliling ke mal-mal dan gereja bersama TNI dan Polri untuk menyiapkan kebutuhan darah

Selain itu, PMI DKI juga akan berkeliling ke pusat-pusat perbelanjaan dan gereja untuk mencari pendonor darah agar kebutuhan darah warga ibu kota mencukupi. Kegiatan ini akan melibatkan TNI dan Polri.

"Nanti saat puasa, kita mulai keliling ke mal-mal dan gereja bersama TNI dan Polri untuk menyiapkan kebutuhan darah," kata Salimar Salim, Kepala Unit Donor Darah PMI DKI Jakarta, Kamis (26/6).

Donor Darah di Jaktim Sepi Peminat

Mantan Wakil Kepala Dinas Kesehatan DKI ini mengungkapkan, selama ini banyak masyarakat yang khawatir mendonorkan darahnya pada siang hari, karena akan mengganggu ibadah puasanya. "Karena itu, PMI DKI selama bulan Ramadhan lebih menggencarkan donor darah setelah berbuka puasa atau setelah shalat Tarawih," jelas Salimar.

Meski begitu, dikatakan Salimar, PMI DKI tetap membuka pelayanan donor darah pada pagi dan siang hari. Ia menjelaskan, hingga saat ini stok darah di PMI DKI Jakarta masih normal dan mampu melayani permintaan warga.

Menurut Salimar, jumlah stok darah biasanya berkurang menjelang pekan ketiga puasa. Sebab,  pada waktu tersebut sudah banyak warga yang pulang ke kampung halamannya masing-masing untuk merayakan hari raya. Saat ini PMI DKI telah menyiapkan sebanyak 6 ribu stok kantong darah yang akan ditambah terus jumlahnya hingga 27 Juni besok.

"Kalau sekarang stok kantong darah masih aman. Sebelum Ramadhan, kita akan stok terus kantong darah dengan mengambil ke instansi-instansi sampai 27 Juni besok," tukasnya.

Menurutnya, kebutuhan masyarakat akan darah bisa mencapai 800 sampai dengan 1.000 kantong darah perhari. Karena itu pihaknya menargetkan bisa memiliki 10 ribu kantong darah sebelum memasuki Ramadhan. "Target kita bisa menyimpan stok 10 ribu kantong darah sebelum puasa," terangnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1217 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1101 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1043 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye851 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye779 personBudhi Firmansyah Surapati