You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Tak Ada TPS, Jalan Raya Jadi Tempat Buang Sampah
Tumpukan sampah di Jalan Raya Bekasi Timur, Tepatnya di bawah FlyOver Klender, Jatinegara Kaum, Kecamatan Pulo Gadung hingga kini tidak pernah terselesaikan. PKL dan Warga seenaknya membuang sampah di jalan raya tersebut. Masyarakat sekitar berharap.
photo Jhon Syah Putra Kaban - Beritajakarta.id

Kolong Flyover Klender Jadi TPS Liar

Minimnya kesadaran pentingnya kebersihan serta tidak adanya tempat pembuangan sampah sementara (TPS), membuat warga dan pedagang kaki lima kemudian membuang sampahnya ke kolong flyover Klender, Jatinegara Kaum, Pulogadung, Jakarta Timur. Akibatnya, kolong jalan layang itu menjadi kumuh, kotor dan bau.

Kita pernah minta ke pengelola Pasar Jaya Klender untuk dipakai tanahnya, tapi tidak diizinkan

Para pengendara yang melintasi kawasan tersebut mengaku terganggu dengan adanya tumpukan sampah tersebut. Selain itu, sampah sayur mayur serta air bekas cucian ikan yang dibuang para PKL membuat jalanan menjadi licin dan membahayakan pengguna jalan.

“Memang tidak ada tempat pembuangan sampah, makanya kita buang sampahnya di sini,” ujar Maimunah (34), salah seorang pedagang sayur, Jumat (27/6).

Volume Sampah Meningkat Saat Ramadhan

Untuk itulah Maimunah mengharapkan, instansi terkait menyediakan TPS agar warga dan PKL tidak lagi membuang sampah sembarangan.”Sudah sering motor tergelincir karena memang jalannya sangat licin,” ujarnya.

Terkait hal itu, Lurah Jatinegara Kaum, Henrica Kuswandari mengatakan, hingga kini pihaknya masih berusaha mencarikan TPS. Sebab di sekitar lokasi itu, tidak ada tempat yang cocok untuk dibangun TPS. “Kita pernah minta ke pengelola Pasar Jaya Klender untuk dipakai tanahnya, tapi tidak diizinkan,” ujarnya.

Selain itu,  Henrica juga mengaku pernah meminta kepada Suku Dinas Kebersihan Jakarta Timur untuk disediakan kontainer sampah di tempat tersebut, namun hingga kini tidak pernah diberikan. “Menurut pihak Sudin Kebersihan harus menunggu pengadaan dulu, mungkin bulan Agustus baru ada kontainer sampahnya,” ungkapnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Selektif Verifikasi Data, Disdik DKI Pastikan KJP Plus Tepat Sasaran

    access_time05-07-2024 remove_red_eye1505 personTP Moan Simanjuntak
  2. Jaksel dan Jaktim Diprakirakan Hujan Hari Ini

    access_time30-06-2024 remove_red_eye1219 personFolmer
  3. Satgas LH Angkut 56 Ton Sampah dari Kawasan Monas

    access_time02-07-2024 remove_red_eye1159 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. Jakbar dan Jaksel Bakal Diguyur Hujan Sore Ini

    access_time29-06-2024 remove_red_eye1149 personAnita Karyati
  5. Beritajakarta Dapat Penghargaan pada ASEAN+ Youth Environmental Action 2024

    access_time29-06-2024 remove_red_eye948 personNurito