You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
4 Fase Kemacetan Ibukota Selama Ramadhan
.
photo doc - Beritajakarta.id

Jam Kemacetan Jakarta Berubah Selama Ramadhan

Jam dan lokasi kemacetan di Jakarta selama bulan Ramadhan 1435 Hijriah diprediksi akan berubah. Jika biasanya, jam kemacetan terjadi setiap pukul 17.00, maka saat bulan puasa kemacetan berubah menjadi pukul 15.30. Hal ini dikarenakan warga ibu kota ingin buka puasa bersama keluarga di rumah. 

Untuk minggu pertama puasa, jalan-jalan yang berada di pusat ekonomi akan lebih macet dari biasanya. Waktu kemacetannya pun akan maju dari biasanya mulai pukul 15.30 WIB, karena warga masih ingin buka puasa dengan keluarga di rumah

"Untuk minggu pertama puasa, jalan-jalan yang berada di pusat ekonomi akan lebih macet dari biasanya. Waktu kemacetannya pun akan maju dari biasanya mulai pukul 15.30 WIB, karena warga masih ingin buka puasa dengan keluarga di rumah," ujar Kombes Pol Rikwanto, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Senin (30/6).

Untuk minggu kedua, kata Rikwanto, kemacetan akan terpusat pada titik yang banyak tempat-tempat kuliner. Karena akan banyak warga yang mengadakan acara buka puasa bersama rekan ataupun kerabat.

Angkot dan Ojek Bikin Semrawut Tanah Abang

"Diperkirakan yang banyak tempat kuliner, seperti kawasan Kemang, Tebet, dan Blok M. Karena banyak yang mengadakan acara buka bersama dengan rekan atau kerabat di luar," ucapnya.

Pada minggu ketiga, imbuh Rikwanto, kemacetan mulai terpusat di pusat-pusat perbelanjaan. Warga sudah mulai berbelanja kebutuhan untuk Hari Raya Idul Fitri. "Seperti Tanah Abang, Blok M, Cipulir, serta pusat grosir dan mal. Kalau minggu keempat itu kemacetan akan berada di seputar stasiun dan juga terminal bus, karena banyak yang mau mudik," ungkapnya.

Pihaknya, lanjut Rikwanto, memperkirakan tingkat kemacetan lalu lintas selama Ramadhan akan bertambah 25 persen dibanding hari biasanya. Lokasi yang akan menjadi macet berkepanjangan adalah wilayah-wilayah penghubung.

"Seperti akses menuju Depok, Bogor, Tangerang dan Bekasi akan bertambah padat pada malam hari. Sekitar Masjid Istiqlal, Cut Mutia, dan Masjid Sunda Kelapa juga akan macet saat warga akan menjalankan ibadah shalat tarawih

Untuk itu, pihak Polda Metro Jaya sudah mempersiapkan strategi agar kemacetan di titik-titik tersebut bisa terurai. Penempatan petugas pun sudah dilakukan untuk membantu mengatur arus lalu lintas. "Pola ini hampir sama dari tahun ke tahun. Sehingga pengguna jalan juga mesti menyiasati waktu dan jalur saat berkendara," terangnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1218 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1103 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1044 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye864 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye782 personBudhi Firmansyah Surapati