You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
DKI Perketat Pengawasan SPBU
.
photo Jhon Syah Putra Kaban - Beritajakarta.id

Dinas KUMKMP DKI Cek SPBU di Jl Danau Sunter

Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan (UMKMP) DKI Jakarta kembali melakukan pengawasan sejumlah Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum (SPBU). Pengawasan dilakukan mengingat ukuran takaran timbangan dan perlengkapannya (UTTP) rentan penyelewengan.

Kita sidak di SPBU Jalan Danau Sunter, Jakarta Utara. Di sini ada aduan warga terkait jumlah yang dibayar dengan bensin yang diterima, makanya kita cek kelokasi, alatnya kita tera

"Kita sidak di SPBU Jalan Danau Sunter, Jakarta Utara. Di sini ada aduan warga terkait jumlah yang dibayar dengan bensin yang diterima, makanya kita cek kelokasi, alatnya kita tera," ujar Irwandi, Kepala Dinas KUMKMP DKI Jakarta, Selasa (28/6).

Menurut Irwandi, pihaknya langsung melakukan sidak agar tidak terjadi kasus kecurangan pengisian BBM seperti yang terjadi di Rempoa, Jakarta Selatan. Namun setelah diperiksa menurutnya alat ukur di SPBU tersebut berada dalam kondisi yang baik.

Pengawasan UTTP Fokus ke SPBU dan Taksi

"Makanya kita langsung lakukan tera ke lokasi, kita pastikan tidak ada yang melanggar, termasuk pengecekan bejana ukur yang seharusnya diperiksa setiap pagi hari," katanya.

Irwandi mengatakan, jika ditemukan pelanggaran maka pemilik SPBU dapat dikenakan sejumlah sanksi. Pelaku dapat dikenakan pelanggaran pada UU Nomor 2 tahun 1981 Tentang Meterologi Legal dengan ancaman kurungan enam bulan.

"Pemilik juga bisa dikenakan pelanggaran UU Nomor 8 Tahun 2009 tentang perlindungan konsumen dengan ancaman kurungan lima tahun, makanya kita harap tidak ada dilakukan kecurangan alat ukur," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1441 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1273 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1241 personTiyo Surya Sakti
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1115 personNurito
  5. Jakarta Raih Dua Medali Emas dari Cabor Drumband di PON XXI

    access_time16-09-2024 remove_red_eye856 personFolmer