You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
daftar pemilih tetap
istimewa .
photo doc - Beritajakarta.id

KPU Targetkan 75 Persen Warga DKI Mencoblos

Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menargetkan 75 persen warga ibu kota yang masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) mencoblos dalam Pemilu Presiden/Wakil Presiden (Pilpres) 9 Juli mendatang. Untuk mencapai target tersebut, KPU telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat, baik melalui pertemuan langsung maupun spanduk dan leaflet.

Kita imbau agar warga Jakarta ikut berpartisipasi dan tidak golput

Ketua KPU DKI Jakarta, Sumarno mengatakan, target tersebut ditetapkan karena melihat antusias warga ibu kota dalam melaksanakan pesta demokrasi kali ini. Sosialisasi di setiap wilayah dengan agenda pertemuan langsung bersama masyarakat telah dilakukan.

"Targetnya bisa lebih besar dari Pemilu Legislatif (Pileg) 9 April kemarin. Optimisnya minimal 75 persen, tapi kalau bisa ya 80 persen," kata Sumarno, Sabtu (5/7).

DKI Akan Gelar Pasar Murah Usai Pilpres

Dikatakan Sumarno, warga Jakarta cukup kritis dan cerdas, sehingga diperkirakan angka golongan putih (golput) bisa ditekan. Banyak aspek yang mempengaruhi perilaku politik warga Jakarta. Terlebih kebanyakan orang sudah melek politik dengan kecanggihan teknologi yang ada.

Saat ini pihaknya tengah menyebar undangan kepada warga Jakarta yang tercatat sebagai (DPT). Penyebaran undangan ditargetkan rampung pada Minggu (6/7) besok. Bagi warga yang belum mendapatkan undangan, diharapkan lebih aktif untuk menanyakan kepada kelurahan atau melalui ketua RT dan RW.

Sementara untuk logistik sendiri, telah disebar hingga tingkat Kelurahan secara serentak hari ini. Pada H-1 logistik baru akan disebar ke Tempat Pemungutan Suara (TPS). Semua logistik dimasukan dalam kotak surat kemudian ditutup, digembok, dan disegel disaksikan oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS), Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Khusus untuk Kepulauan Seribu, logistik didistribusikan lebih awal, karena memperhitungkan faktor geografis dan faktor cuaca. Jumlah DPT pada Pilpres ini mengalami peningkatan dibandingkan saat Pileg lalu. Jika pada Pileg jumlah DPT mencapai 7.001.520 pemilih, maka pada Pilpres naik menjadi 7.096.168 pemilih.

Pihaknya pun menyatakan sudah siap untuk pelaksanaan Pilpres pada 9 Juli mendatang. Selain itu diimbau kepada warga ibu kota untuk menggunakan hak pilihnya. Karena dengan menggunakan hak pilih maka akan mengurangi potensi kecurangan. "Kita imbau agar warga Jakarta ikut berpartisipasi dan tidak golput," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. UP Metrologi Dinas PPKUKM Gelar Edukasi Metrologi Legal

    access_time30-09-2024 remove_red_eye2628 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Anwar Tinjau Lokasi Pembangunan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu di Kramat Jati

    access_time29-09-2024 remove_red_eye2254 personNurito
  3. 21 Unit Pemadam Tangani Kebakaran di Gedung Bakamla RI

    access_time29-09-2024 remove_red_eye1857 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. Jakarta Entrepreneur Ikut Ramaikan Pameran Premiere Classe di Paris

    access_time29-09-2024 remove_red_eye1206 personAnita Karyati
  5. Penataan Kawasan di Jalan Bendi Besar Rampung

    access_time01-10-2024 remove_red_eye1140 personTiyo Surya Sakti