You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Pasar Ular Plumpang
.
photo doc - Beritajakarta.id

Retribusi Non Tunai Diberlakukan, Pengurus Pasar Pasrah

Rencana pembayaran retribusi pedagang melalui rekening Bank DKI yang mulai diujicoba bulan ini, ditanggapi pasrah pengurus pasar. Pasalnya, selama ini mereka bergantung dari hasil setoran pedagang tanpa mendapat honor dari pemerintah.

Selama ini kita dapat gaji dari iuran pedagang bukan pemerintah

Seperti halnya di Pasar Ular Plumpang atau lokasi JU 18 di Jl Plumpang Raya, untuk mengurus operasional pasar ada 14 pengurus. Terdiri 6 orang petugas keamanan, petugas retribusi dan kebersihan masing-masing 2 orang dan 4 orang pengurus.

Selama ini dalam mengelola pasar, mereka tidak menerima gaji atau honor dari pemerintah. Untuk honor mereka maupun kebutuhan operasional lain, pengurus melakukan kesepakatan dengan para pedagang dengan memungut iuran pengelolaan di luar retribusi resmi.

2.875 PKL Akan Terapkan Retribusi Non Tunai

Salah seorang petugas retribusi Pasar Ular Plumpang, yang bertugas menarik uang dari pedagang, Sayumi (43), mengaku kebingungan dengan rencana penerapan aturan tersebut. Sebab, pria yang setiap bulannya mendapat honor Rp 1.250 ribu tersebut selama ini biasa menagih kepada 150 pedagang. Dengan aturan itu, ia khawatir tidak lagi mendapat honor.

"Selama ini kita dapat gaji dari iuran pedagang bukan pemerintah. Pihak KUMKMP tahunya kita setoran setiap hari Rp 3.000 per orang dari pedagang," ujarnya, Sabtu (5/7).

Koordinator Pengurus Pasar Ular Plumpang, Ustafifi mengaku, sudah mendapat sosialisasi tentang rencana pembayaran retribusi melalui rekening oleh pihak Sudin Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (KUMKMP) Jakarta Utara. Namun, ia berharap gaji para pengurus diperhatikan. "Pasar ini bisa jalan karena ada yang mengelola," tegasnya.

Diakui Ustafifi, untuk menggaji pengelola pasar yang berhonor antara Rp 800 ribu-Rp 2 juta, selama ini antara pengurus dan paguyuban yang menaungi pedagang ada kesepakatan iuran operasional di luar retribusi. Sehingga setiap harinya pedagang di Pasar Ular dipungut Rp 8 ribu per hari. Sedangkan pungutan total yang dikumpulkan dari 150 pedagang di Pasar Ular, setiap hari mecapai Rp 750 ribu.

"Iuran tambahan itu bukan kita yang mengadakan. Tapi memang kesepakatan rapat dengan paguyuban pedagang," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1228 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1155 personTiyo Surya Sakti
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1129 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1094 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1061 personNurito