You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Pulau Onrust akan Direstorasi Tahun 2017
.
photo Reza Hapiz - Beritajakarta.id

Pulau Onrust akan Direstorasi Tahun 2017

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana menjadikan Pulau Onrust obyek wisata sejarah kelas dunia. Dalam hal ini, Pemprov DKI menggandeng Yayasan Cipta Maritim Semesta Indonesia (YCMSI).

Kita inginnya ini bisa mulai dikerjakan tahun depan. Tidak hanya di Onrust saja, tapi di Pulau Sebira dan ‎Pulau lainnya

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat mengatakan, rencana restorasi akan berjalan pada tahun 2017 mendatang.

"Kita inginnya ini bisa mulai dikerjakan tahun depan. Tidak hanya di Onrust saja, tapi di Pulau Sebira dan ‎Pulau lainnya yang punya peninggalan sejarah," kata Djarot, usai menerima kunjungan empat orang perwakilan YCMSI di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (13/7).

Homestay di Pulau Onrust Bakal Dilaporkan ke Gubernur

Menurut Djarot, walau memiliki catatan sejarah panjang, kondisi Pulau Onrust memprihatinkan. Sehingga wisatawan yang berkunjung ke pulau itu sangat minim.

Jika pulau itu direstorasi, dipastikan wisatawan yang berkunjung meningkat. Hingga saat ini, banyak peninggalan penjajah seperti bangunan benteng VOC hingga peralatan perang seperti meriam.

"Itu bisa mengundang wisatawan berfoto. Apalagi jaman sekarang ini, itu bisa dijadikan latar belakang preweddingkan bagus itu. Tahun depan kita coba fokus merestorasi pulau sejenis seperti Onrust," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang‎ Pusat Konservasi Cagar Budaya Dinas Pariwisata Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta, Taufik menyambut positif rencana keterlibatan YCMSI mengkonsep bentuk wisata yang ditawarkan kemasyarakat dari Pulau Onrust.

"Kita pernah melakukan penelitian di Pulau Onrust dari tahun 1979. Tapi cuma lima tahun ‎berjalan efektif. Kami senang YCMSI ikut terlibat mengkonsep Pulau Onrust seperti wisata apa kedepannya," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1267 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1236 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1186 personTiyo Surya Sakti
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1068 personNurito
  5. Jakarta Raih Dua Medali Emas dari Cabor Drumband di PON XXI

    access_time16-09-2024 remove_red_eye807 personFolmer