You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Dinkes Buka Posko Pengaduan Vaksin Palsu di Puskesmas
.
photo doc - Beritajakarta.id

DKI Buka Posko Pengaduan Vaksin Palsu di Puskesmas

Sejak dua pekan lalu Dinas Kesehatan DKI Jakarta telah membuka posko pengaduan vaksin palsu. Masyarakat yang meragukan putra-putrinya mendapatkan vaksin yang asli, bisa mendatangi puskesmas kelurahan maupun kecamatan di wilayah masing-masing.

Kami sudah buka sejak dua pekan lalu, dari akhir Juni

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Koesmedi Priharto mengatakan,  posko telah dibuka sejak akhir Juni lalu. Posko dibuka untuk melayani masyarakat terkait vaksin palsu. "Kami sudah buka sejak dua pekan lalu, dari akhir Juni," kata Koesmedi, saat dihubungi Beritajakarta.com, Sabtu (16/7).

Nantinya petugas puskesmas akan menelusuri data imunisasi balita yang melaporkan. Jika diragukan menggunakan vaksin paksu, maka akan diimunisasi ulang. Semua biaya akan ditanggung oleh Dinas Kesehatab DKI Jakarta.

Korban Vaksin Palsu Tagih Pengoperasian Posko Pengaduan

"Petugas akan mencari data balita tersebut divaksin dimana dan menggunakan vaksin apa. Jika mencurigakan akan diimunisasi ulang, gratis," ujarnya.

Pihaknya juga mendata semua balita yang diimunisasi di tiga layanan kesehatan selama periode menggunakan vaksin palsu. Ketiganya yakni Rumah Sakit Harapan Bunda, Bidan Elly, dan Klinik Dr Ade.

"Bila ada masalah kesehatan yang muncul akibat vaksin palsu pada bayi, kami akan menjamin pelayanan kesehatannya," ucapnya.

Sementara untuk masalah pidana, akan diserahkan kepada pihak kepolisian. Layanan imunisasi di ketiga layanan kesehatan tersebut ditutup. Bahkan pihaknya telah mencabut izin praktek Bidan Elly. Pihaknya menginbau agar semua fasilitas kesehatan (RS dan Klinik) dan dokter menggunakan vaksin yg dibuat oleh PT. Biofarma. 

"Dan apabila menggunakan vaksin import, harus diberikan atau ditempelkan label vaksin yang digunakan pada buku imunisasi bayi tersebut," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kelurahan Duren Sawit dan Pondok Bambu Deklarasikan STBM

    access_time03-05-2024 remove_red_eye6861 personNurito
  2. Lebaran Betawi di Agro Cilangkap Berlangsung Meriah

    access_time04-05-2024 remove_red_eye3278 personNurito
  3. PT JIEP Bakal Bangun Masjid, Salah Satu yang Terbesar di Jakarta Timur

    access_time03-05-2024 remove_red_eye3275 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Yuk, Nobar Timnas versus Irak di Monas

    access_time02-05-2024 remove_red_eye3217 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. BMKG Prediksi Hari Ini Jakarta Dominan Berawan

    access_time03-05-2024 remove_red_eye2828 personAnita Karyati