You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Puasa, Stok Darah di PMI DKI Merosot Hingga 80 Persen
Puasa, Stok Darah di PMI DKI Merosot Hingga 80 Persen .
photo doc - Beritajakarta.id

Stok Darah di PMI DKI Merosot 80 Persen

Penurunan stok darah ini terjadi karena bulan puasa, banyak orang  tak mau melakukan donor darah. Makanya, kami terus melakukan sosialisasi bahwa donor darah di bulan puasa itu tidak akan membatalkan puasa

Persediaan darah di Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta menurun drastis memasuki pertengahan Ramadhan. Hal ini dikarenakan berkurangnya jumlah pendonor selama bulan puasa. Jika biasanya, stok darah di Markas PMI DKI di Jl Kramat Raya, Jakarta Pusat mencapai 1.000-1.200 kantong, kini merosot tajam hingga 70-80 persen atau hanya ada sekitar 200 kantong. Padahal, kebutuhan darah bagi warga yang dirawat di rumah sakit rata-rata mencapai 700-800 kantong per hari.

“Penurunan stok darah ini terjadi karena bulan puasa, banyak orang tak mau melakukan donor darah. Makanya, kami terus melakukan sosialisasi bahwa donor darah di bulan puasa itu tidak akan membatalkan puasa. Hal ini sesuai dengan fatwa MUI pada tahun 2000 lalu,” ujar Dian Winarti, Kepala Bidang Pengadaan Darah PMI DKI Jakarta, Senin (14/7).

Ramadhan, PMI Gencarkan Donor Darah di Mal

Untuk mengantisipasi kekurangan stok darah, kata Dian, selain menggelar aksi donor darah, pihaknya juga meminta keluarga pasien yang memiliki golongan darah yang sama bersedia mendonorkan darahnya.

Kepala Unit Tranfusi Darah PMI DKI Jakarta, Salimar Salim mengatakan, untuk mengatasi kekurangan stok darah, PMI DKI telah menggelar donor darah di lima markas PMI di lima wilayah kota, di sejumlah rumah sakit, mal. Kegiatan ini dilakukan bekerjasama dengan TNI rumah sakit. Khusus untuk donor di rumah sakit, nantinya sekitar 70 persen hasilnya, akan diberikan kepada rumah sakit yang menyelenggarakan kegiatan donor darah.

“Bahkan di setiap markas PMI di lima wilayah kota rutin digelar donor darah, setiap Selasa dan Kamis, dari pukul 08.00-12.00,” ujar Salimar.

Sementara itu, Kepala Humas PMI Jakarta Timur, Dewi Rahmadania, mengatakan, sejak awal Ramadhan, kegiatan donor dilakukan di markas PMI di Jl I Gusti Ngurah Rai, Klender. Hanya saja, masyarakat yang mendonorkan darahnya sangat minim. "Sekali pertemuan hanya ada 5 orang. Padahal hari biasa, jumlahnya bisa mencapai 25 orang," kata Dwi. 

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1223 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1121 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1051 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1030 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye953 personAldi Geri Lumban Tobing