You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Ujicoba ERP Akan di Laksanakan Pertengahan Juli 2014
.
photo doc - Beritajakarta.id

Hari Ini, Sistem ERP Mulai Diuji Coba

Setelah dilakukan persiapan cukup lama, akhirnya Selasa (15/7), Pemprov DKI Jakarta resmi melakukan uji coba jalan berbayar atau Electronic Road Pricing (ERP). Dalam tahap uji coba ini, sebanyak 50 kendaraan roda empat dilibatkan. Penerapannya dilakukan sepanjang Jl Jenderal Sudirman, tepatnya depan Gedung Panin Bank.

Jadi pada pelaksanaan ERP,  para pejabat juga dikenakan biaya ketika kendaraan mobil dinas melintasi gerbang ERP

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, M Akbar mengatakan, pemasangan On Board Unit (OBU) akan dilakukan secara bertahap terhadap 50 kendaraan. Kendaraan yang dipilih adalah milik internal perusahaan yang melakukan uji coba ERP asal Swedia, PT Kapsch. Setelah itu, baru kendaran mobil dinas milik Dinas Perhubungan DKI Jakarta. Kemudian, baru para pengendara yang biasa melintasi wilayah Jl Jenderal Sudirman, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Uji coba kali ini diharapkan bisa mengetahui alat pendeteksi gerbang ERP, serta alat yang dipasangkan di kendaraan berfungsi dengan baik atau tidak. "Memang sebetulnya sudah tiga hari lalu dilakukan uji coba kendaraan milik PT Kapsch. Kira-kira seminggu akan dilaksanakan oleh PT Kapsch. Setelah itu baru kendaraan milik petugas," kata Akbar, Selasa (15/7).

Gerbang ERP Masuki Tahap Tes Tanah

Gerbang atau gate ERP sendiri sudah terpasang di jalur lambat Jl Jenderal Sudirman. Gerbang itu dibangun oleh perusahaan asal Swedia yaitu PT Kapsch. Gerbang berukuran sekitar 14 meter untuk lebar dan 7 meter untuk tinggi itu dilengkapi oleh tiga mesin yang canggih. Meski telah terpasang gerbang, di jalur lambat saat ini masih bisa dilalui oleh kendaraan roda dua dan empat. "Pelaksanaan uji coba ini untuk come in antar hardware dan software yang ada di gerbang ERP," ucapnya.

Untuk uji coba tahap awal di jalur lambat Jl Jenderal Sudirman sampai Jakarta Kota baru ada satu gerbang ERP. Rencananya sepanjang jalur tersebut dan sebaliknya akan dipasang 40 gerbang. Sementara, untuk uji coba ERP Jl Rasuna Said, Kuningan sampai Ragunan akan dilaksanakan pada bulan September 2014.

Akbar menambahkan, dalam uji coba kali ini belum dikenakan biaya. Rencananya tarif yang akan dikenakan kepada para pengendara roda empat yang akan melintasi kawasan itu diperkirakan mencapai Rp 30.000. Kendaraan pejabat Pemprov DKI Jakarta dan pemerintah pusat, juga akan dikenakan biaya saat melintas.

"Jadi pada pelaksanaan ERP,  para pejabat juga dikenakan biaya ketika kendaraan mobil dinas melintasi gerbang ERP. Mereka akan dikenakan misalnya Rp 30.000. Saat kendaraan sudah mencapai durasi sekitar satu sampai dua jam melintasi gerbang-gerbang ERP tidak dikenakan pembayaran lagi. Untuk berapa lama sedang dikaji, kira-kira satu jam," katanya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1214 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1090 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1038 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye828 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye771 personBudhi Firmansyah Surapati