You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Terminal Pulogadung Jaktim
.
photo doc - Beritajakarta.id

27 Bus di Terminal Pulogadung Tak Layak Beroperasi

Armada bus yang tidak layak jalan masih ditemukan pada musim mudik Lebaran 2014. Buktinya, saat dilakukan uji kelayakan terhadap angkutan mudik di Terminal Pulogadung, Jakarta Timur, Senin (21/7) ditemukan sebanyak 27 armada tidak layak beroperasi. Bahkan, dua armada dinyatakan tidak layak jalan sehingga gagal diberangkatkan mengangkut pemudik. Kedua armada tersebut masing-masing PO Laju Utama bernopol B 7333 WP (Jakarta-Sukabumi) dan PO Kemenangan bernopol K 1688 DD (Jakarta - Madura).

Kami hanya memeriksa seluruh armada yang akan digunakan untuk mengangkut pemudik. Hasilnya kita serahkan ke kepala T erminal Pulogadung

PO Laju Utama diketahui masa berlaku uji kirnya sudah mati sejak 2 bulan lalu. Sedangkan PO Kemenangan kacanya pecah. Dua armada ini menjalani pemeriksaan uji kendaraan di Terminal Pulogadung yang dilakukan oleh Unit Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Dinas Perhubungan DKI. Hingga pukul 11.30, tercatat ada 37 armada yang diuji, namun 27 di antaranya tidak layak beroperasi dan hanya 10 yang layak beroperasi. Namun pihak Terminal Pulogadung hanya merekomendasikan dua armada yang benar-benar dilarang beroperasi mengangkut pemudik. Sedangkan selebihnya masih diperbolehlan beroperasi dengan catatan segera memperbaiki kekurangannya sebelum mengangkut pemudik.

Seorang Petugas PKB, Cintoko Fajar mengatakan, ke-27 armada yang tak lulus uji kir karena memiliki banyak kekurangan. Seperti baut roda patah, mur roda kurang, wiper hilang, lampu utama mati, bodi keropos, dan lampu sein mati.

Terminal Pasar Minggu Masih Sepi Pemudik

"Kami hanya memeriksa seluruh armada yang akan digunakan untuk mengangkut pemudik. Hasilnya kita serahkan ke kepala Terminal Pulogadung. Rekomendasi berangkat tidaknya armada tersebut ada di pihak terminal," ujar Cintoko.

Pemeriksaan uji kendaraan berlangsung selama 24 jam setiap hari yang dibagi dalam dua shift. Shift pertama mulai pukul 08.00-20.00 dan shift kedua dari pukul 22.00-08.00. Pemeriksaan uji kendaraan dimulai dari H-7 hingga H+7 Lebaran Idul Fitri.

Bagi armada yang sudah diperiksa maka disemprot bannya menggunakan pilox putih, sebagai bukti telah diperiksa. Bagi armada yang lulus uji maka langsung dipasangi stiker layak jalan angkutan Lebaran 2014.

Kepala Terminal Pulogadung, Muhammad Arafat mengatakan, seluruh kendaraan yang tak lulus uji dan tak laik operasi, pasti sudah dikeluarkan dari terminal dan tidak diizinkan masuk jalur keberangkatan. Namun pihaknya memberikan batasan toleransi pada PO pengangkut Lebaran. Jika kesalahannya tidak begitu fatal maka masih bisa beroperasi. Namun dengan catatan kekurangan itu harus segera diperbaiki, sebelum bus masuk jalur pemberangkatan.

"Yang masih kita tolerir misalnya belum adanya alat pemadam, alat pemecah kaca atau wiper kurang. Seluruh kekurangan itu harus segera dipenuhi atau diperbaiki sebelum mengangkut pemudik," ujar Arafat.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1223 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1121 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1050 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye935 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye919 personAldi Geri Lumban Tobing