You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Terminal Kalideres Mulai Dipadati Pemudik
.
photo doc - Beritajakarta.id

Terminal Kalideres Didominasi Pemudik Tujuan Jawa

Seminggu jelang Idul Fitri, Terminal Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) Kalideres, Jakarta Barat, mulai dipadati ratusan pemudik. Umumnya, penumpang didominasi tujuan Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Kebetulan kedua anak saya juga sudah libur sekolah. Jadi untuk apa ditunda-tunda

Kasmuri (48)) penumpang jurusan Pemalang, Jawa Tengah, mengatakan, bersama istri dan dua anaknya sengaja mudik lebih awal untuk merayakan Idul Fitri di kampung halamannya di Pemalang, Jawa Tengah, demi menghindari kemacetan yang panjang saat mendekati hari raya.

“Kebetulan kedua anak saya juga sudah libur sekolah. Jadi untuk apa ditunda-tunda. Untuk menghindari kemacetan saat mendekati hari Lebaran,” ujar Kasmuri, Senin (21/7).

27 Bus di Terminal Pulogadung Tak Layak Beroperasi

Kasmuri yang kesehariannya berjualan minyak tanah keliling di Pegadungan, Kalideres, mengaku untuk pulang kampung ke Pemalang, ia biasa menggunakan bus Sinar Jaya trayek Kalideres-Pekalongan. Namun, jika hari biasa harga tiket AC hanya dijual Rp 50 ribu, saat ini di momen Idul Fitri ia terpaksa mengeluarkan kocek hingga Rp 110 ribu untuk satu orang.

“Biasanya mendekati hari H Idul Fitri akan terus naik hingga pad hari H-nya bisa mencapai lebih dari tiga kali lipat harganya dari hari biasa,” ucap Kasmuri.

Kepala Terminal AKAP Kalideres, Joko Sukarno mengatakan, kenaikan harga tiket merupakan kebijakan PO bus masing-masing bukan wewenang Dinas Perhubungan (Dishub). Sedangkan mengenai lonjakan penumpang, Joko mengatakan, puncak kepadatan arus mudik di Terminal Kalideres diprediksi akan terjadi pada H-3 Idul Fitri.

“Perkiraan, Jumat, Sabtu dan Minggu lonjakan penumpang akan naik drastis. Saat ini jumlah penumpang yang mudik di Terminal Kalideres baru mencapai 21 persen. Tapi, saat H-3 akan ada penambahan 75 armada per harinya,” ucap Joko.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1232 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1201 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1170 personTiyo Surya Sakti
  4. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1136 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1064 personNurito