You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
kebakaran-malaka-jaya-tmc-polda
kebakaran-malaka-jaya-tmc-polda .
photo doc - Beritajakarta.id

Jelang Berbuka Puasa, 5 Ruko Ludes Terbakar

Peristiwa kebakaran kembali terjadi di ibu kota. Kali ini, sebanyak 5 rumah toko (ruko) di Jl Wijaya Kusuma, Malaka Jaya, Duren Sawit, Jakarta Timur, ludes dilalap si jago merah, Selasa (22/7) menjelang waktu berbuka puasa, sekitar pukul 17.00. Dugaan sementara, kebakaran korsleting listrik di salah satu ruko yang digunakan usaha laundry. Beruntung, tidak ada korban jiwa maupun luka-luka dalam peristiwa tersebut. Hanya saja, kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.  

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, hanya pemilik bangunan mengalami kerugian materi sekitar Rp 60 juta rupiah

Informasi di lapangan, kebakaran dipicu korsleting listrik dari saklar yang digunakan untuk pompa air. Saklar langsung terbakar dan api merembet ke jaringan listrik yang ada di ruko tersebut. Warga sekitar yang berupaya memadamkan kobaran api tidak berhasil karena besarnya kobaran api.

Solihin (49), salah seorang warga menuturkan, api pertama kali berkobar dari ruko laundry. Kemudian api merembet ke tiga ruko lainnya yang berada di sampingnya. Bahkan satu rumah di belakang empat ruko itu turut terbakar bagian atapnya.

39 Jiwa di Tebet Kehilangan Tempat Tinggal

"Saya tidak tahu persis kejadiannya, tapi melihatnya api sudah di atap ruko laundry. Informasinya sih tadi karyawan laundry mau nyolokin mesin pompa, tapi saklarnya goyang dan terbakar. Kemudian terjadi korsleting dan percikan api merembet ke atas melaui jaringan kabel listrik," ujar Solihin, Selasa (22/7).

Belum diketahui berapa jumlah karyawan yang ada di tempat usaha laundry itu. Api juga merembet ke bangunan lainnya, yang digunakan tempat jualan sembako dan tabung gas. Di ruko ini, api berkobar lebih dahsyat karena menyambar tabung gas yang ada. Bahkan beberapa kali terdengar suara ledakan yang diduga berasal dari tabung gas yang terbakar.

Kasie Operasi Sudin Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Damkar dan PB) Jakarta Timur, Mulyanto mengatakan, kebakaran pertama kali di ruko milik Musa (45). Dugaan sementara kebakaran dipicu oleh hubungan arus pendek listrik dari saklar mesin pompa air.

"Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, hanya pemilik bangunan mengalami kerugian materi sekitar Rp 60 juta rupiah," ujar Mulyanto.

Untuk memadamkan kobaran api, sedikitnya. 15 unit mobil pemadam dikerahkan ke lokasi kejadian. Api baru berhasil djinakkan petugas sekitar 1,5 jam setelah kejadian.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1219 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1109 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1045 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye894 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye811 personAldi Geri Lumban Tobing