You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
KLB Jalan Famawati Naik 1,5
.
photo Reza Hapiz - Beritajakarta.id

Dilalui MRT, KLB di Jl Fatmawati Naik 1,5 Kali

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berkomitmen memberikan kompensasi kenaikan Koefisien Lantai Bangunan (KLB) terhadap lahan yang dilintasi angkutan umum berbasis rel.

Jadi koridor yang kena proyek transportasi berbasis rel diberikan insentif KLB gratis. Mereka dapat kenaikan KLB 1,5 kali

Salah satunya, lahan di kawasan Jalan Fatmawati, Jakarta Selatan yang diberikan kenaikan KLB hingga 1,5 kali karena dilintasi proyek Mass Rapid Transit (MRT).

Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Sekda DKI Jakarta, Gamal Sinurat mengatakan, Jalan Fatmawati termasuk dalam Teknik Pengaturan Zonasi (TPZ) pemufakatan. Di mana pemilik gedung tidak perlu membayar kompensasi atas kenaikan KLB.

Pemilik Lahan Proyek MRT akan Diundang ke Balai Kota

"Jadi koridor yang kena proyek transportasi berbasis rel diberikan insentif KLB gratis. Mereka dapat kenaikan KLB 1,5 kali," katanya, Sabtu (8/10).

Gamal menjelaskan bagi warga yang memiliki lahan seluas 100 meter diperbolehkan membangun hingga 150 meter. Tambahan bangunan tersebut dibuat ke atas sesuai ketentuan. Kebijakan ini telah disosialisasikan kepada pemilik lahan di sepanjang Jalan Fatmawati.

Menurut Gamal, daerah Fatmawati berbeda dengan kawasan lain yang masuk dalam TPZ A seperti Jalan Sudirman dan MH Thamrin. Para pemilik gedung di kawasan itu bisa mengajukan kenaikan KLB hingga 14, namun harus memberikan kompensasi kepada Pemprov DKI Jakarta.

"Bonus namanya. Jadi boleh ditingkatkan KLB-nya tapi bayar kompensasi," tuturnya.

Ia menambahkan, nilai kompensasi untuk kenaikan KLB ditentukan berdasarkan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 175 tahun 2016 tentang Pengenaan Kompensasi terhadap Lampauan Nilai KLB.

"Pemilik tanah yang ada di situ boleh mengajukan kompensasi, hitungannya rumusan Pergub nomir 175 tahun 2016," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1228 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1157 personTiyo Surya Sakti
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1129 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1112 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1061 personNurito