You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Ibu Negara Buka Pekan Deteksi Dini Kanker di Puskesmas Pasarebo
.
photo Nurito - Beritajakarta.id

Ibu Negara Buka Pekan Deteksi Dini Kanker di Puskesmas Pasarebo

Ibu negara, Iriana Joko Widodo, meninjau pelaksanaan Pekan Deteksi Dini Kanker pada perempuan di Puskesmas Kecamatan Pasarebo, Jakarta Timur, Rabu (11/10). Kegiatan ini dilakukan serempak di lima wilayah Ibu Kota, dari tanggal 11-19 Oktober.

Dalam kegiatan ini kita berikan dua pelayanan sekaligus. Pemeriksaan kanker rahim dengan ivates dan kanker payudara

Kegiatan yang digagas oleh Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE-KK) bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan dan Pemprov DKI ini, sebagai tindak lanjut dari Pencanangan Peningkatan Peran Serta Masyarakat dalam pencegahan deteksi dini kanker pada perempuan oleh Ibu Negara di Kulon Progo, Yogyakarta pada April 2015 lalu.

Ibu negara tiba di Puskesmas Kecamatan Pasarebo sekitar pukul 07.30. Ia langsung naik ke lantai 3 tempat dilakukannya pemeriksaan kanker leher rahim. Kepada para peserta, Iriana sempat berdialog dan menanyakan soal siapa yang mendorong untuk mengikuti program deteksi kanker rahim dengan metode Inpeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA). Umumnya peserta mengikuti program karena kemauan sendiri demi terbebas dari penyakit kanker serviks dan payudara.

Jakut Targetkan Imunisasi HPV 11.127 Siswi SD

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes, Oscar Primadi mengatakan, upaya deteksi dini kanker pada perempuan itu berupa deteksi kanker rahim dengan metode Inpeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA). Di Indonesia, prevalensi penyakit kanker cukup tinggi. Berdasarkan data dan riset kesehatan dasar tahun 2013, prevalensi tumor atay kanker di Indonesia adalah 1,4 per 1000 penduduk atau sekitar 347 ribu orang. Kanker tertinggi pada perempuan adalah kanker payudara dan kanker leher rahim.

Sementara, Kepala Puskesmas Kecamatan Pasarebo, Maryati Kasiman mengatakan, pada hari Selasa ini jumlah warga yang mengikuti pelayanan deteksi dini kanker serviks dan kanker payudara sebanyak 100 orang. Mereka berusia di atas 35 tahun dan sudah menikah.

"Dalam kegiatan ini kita berikan dua pelayanan sekaligus. Pemeriksaan kanker rahim dengan ivates dan kanker payudara. Pemeriksaan ini gratis bagi pemegang Kartu BPJS Kesehatan," kata Maryati.

Menurutnya, di Puskesmas Kecamatan Pasarebo, pelayanan deteksi dini kanker rahim dan payudara sudah dilakukan sejak Mei 2016 lalu. Tercatat hingga saat ini sudah sekitar 923 orang. Angka ini dipastikan akan terus bertambah karena pemeriksaan akan terus dilakukan hingga 2017 mendatang.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1229 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1160 personTiyo Surya Sakti
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1130 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1122 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1062 personNurito