You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
stok pangan
.
photo doc - Beritajakarta.id

Jelang Lebaran, Stok Pangan di Jakarta Aman

Mendekati hari raya Idul Fitri 1435 Hijriah, Pemprov DKI Jakarta memastikan stok pangan di ibu kota aman. Pemprov DKI juga mengklaim tidak adanya kenaikan harga pangan yang cukup berarti pada Ramadhan kali ini. Bahkan harga daging sapi justru mengalami penurunan harga.

Sampai dengan minggu ke-3 bulan Juli 2014, pasokan sayur dan buah di Pasar Induk Kramat Jati mengalami kenaikan yaitu sayuran naik 2 persen, dan buah naik 16 persen

Kepala Sub Bagian Ketahanan Pangan Biro Perekonomian DKI Jakarta, Marlina Widya Dewi mengatakan, biasanya jelang Hari Besar Keagamaan dan Nasional (HBKN), permintaan pangan masyarakat untuk komoditas tertentu meningkat. Namun dari hasil pemantauan pihaknya, perkembangan harga komoditi pangan di Jakarta hingga H-5 lebaran cukup aman dan tidak terjadi gejolak.

Dikatakan Dewi, perkembangan harga di beberapa pasar wilayah secara umum justru turun meski tidak signifikan. Komoditi yang mengalami  penurunan seperti, beras IR III, Muncul I, dan IR 42. Kemudian semua jenis daging sapi turun sekitar 19 persen, berkisar pada harga Rp 110 ribu.

Harga Pangan Stabil, DKI Tak Gelar Operasi Pasar

Komoditi lainnya yang mengalami penurunan seperti ayam potong, telur ayam, semua jenis cabe, bawang merah, gula pasir, susu kental manis, dan LPG ukuran 3 kg. Sementara komoditi yang mengalami kenaikan diantaranya, beras IR I, IR II, setra, minyak goreng curah, dan tepung terigu.

"Sampai dengan minggu ke-3 bulan Juli 2014, pasokan sayur dan buah di Pasar Induk Kramat Jati mengalami kenaikan yaitu sayuran naik 2 persen, dan buah naik 16 persen," kata Dewi, Rabu (23/7).

Kenaikan pasokan sayur dan buah ini, disebabkan karena petani sudah aktif kembali pasca pemilu Presiden tanggal 9 Juli 2014 lalu.

Dia juga menyebutkan stok beras di DKI Jakarta sampai saat ini masih aman, baik yang ada di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) maupun di Bulog Divre DKI Jakarta. Stok beras di PIBC sebanyak 21.167 ton sementara di Bulog Divre DKI Jakarta (untuk Jakarta-Banten) sebanyak 58.212 ton.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1222 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1117 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1047 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye930 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye886 personAldi Geri Lumban Tobing