You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
jokowi_blusukan_erna.jpg
....
photo doc - Beritajakarta.id

Surat Pengunduran Diri Jokowi Masih Diproses

Menyusul telah ditetapkannya Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo sebagai presiden terpilih oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), pria asal Solo itu saat ini tengah menyiapkan surat pengunduran diri dari jabatannya menjadi orang nomor satu di Pemprov DKI.

Harapan saya tidak ada kekosongan saat surat dari gubernur mengundurkan diri terbit. Kalau kekosongan wakil tidak apa-apa karena kan ada sekda

Kepala Biro Kepala Daerah Kerjasama Luar Negeri (KDH KLN), Heru Budi Hartono mengatakan, surat pengunduran diri Jokowi sebagai gubernur sedang dalam proses. Saat ini masih didiskusikan oleh tim Jokowi sendiri.

"Ini sedang dalam proses, sudah didiskusikan dengan tim beliau," kata Heru di Balaikota, Jumat (25/7).

Jokowi Ajukan Surat Pengunduran Diri Usai Lebaran

Kendati demikian, Heru belum mengetahui kapan surat tersebut akan diajukan. Proses pengunduran diri yang harus dijalani, yakni surat diserahkan kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). Kemudian surat tersebut akan dibahas dalam sidang paripurna untuk memutuskan pengunduran dirinya.

Setelah persetujuan diberikan, kata Heru secara resmi surat akan dibawa ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk penetapan Keputusan Presiden (Keppres). "Sama seperti waktu Pilpres dengan non aktifnya Pak Jokowi, dalam Kepres itu langsung ditunjuk penggantinya," kata Heru.

Heru berharap, setelah disetujuinya dan diputuskan pengunduran diri Jokowi, bisa langsung dilantik gubernur yang menggantikannya. Diyakini proses pengunduran diri bisa diselesaikan dalam waktu satu hari saja. Sebab administrasi dan dokumen-dokumen verbal sudah dipersiapkan.

"Harapan saya tidak ada kekosongan saat surat dari gubernur mengundurkan diri terbit. Kalau kekosongan wakil tidak apa-apa karena kan ada sekda," tukasnya.

Sebelumnya, Jokowi sudah menyampaikan bahwa dirinya akan mengajukan surat pengunduran diri usai Lebaran ini atau pada Agustus mendatang.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. UP Metrologi Dinas PPKUKM Gelar Edukasi Metrologi Legal

    access_time30-09-2024 remove_red_eye2688 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Anwar Tinjau Lokasi Pembangunan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu di Kramat Jati

    access_time29-09-2024 remove_red_eye2312 personNurito
  3. Asyik, Besok Tarif Transjakarta, MRT dan LRT Jakarta Cuma Rp 1

    access_time04-10-2024 remove_red_eye2210 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. 21 Unit Pemadam Tangani Kebakaran di Gedung Bakamla RI

    access_time29-09-2024 remove_red_eye1932 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. Jakarta Entrepreneur Ikut Ramaikan Pameran Premiere Classe di Paris

    access_time29-09-2024 remove_red_eye1269 personAnita Karyati