You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
pkl_psrMinggu.jpg
....
photo doc - Beritajakarta.id

PKL dan Gubuk Liar di Kolong Flyover Roxy Ditertibkan

Puluhan lapak pedagang kaki lima (PKL) dan gubuk liar yang berdiri di kolong Flyover ITC Roxy, Jl KH Hasyim Ashari, Gambir, Jakarta Pusat, ditertibkan petugas Satpol PP Kecamatan Gambir, Rabu (30/7). 50 personel Satpol PP dibantu Suku Dinas Kebersihan Jakarta Pusat dikerahkan dalam penertiban tersebut.  

Mereka sudah mengganggu arus lalu lintas dan merusak pemandangan, karena itu kami tertibkan

Camat Gambir, Henri Perez, mengatakan, penertiban ini digelar sesuai dengan perintah Gubernur DKI yang meminta ibu kota bebas dari PKL dan gubuk liar selama Lebaran. Atas dasar itu, pihaknya menggelar razia dengan melibatkan petugas Sudin Kebersihan.

"Sesuai perintah Pak Gubernur, kita bersihkan kota dari PKL dan gubuk liar yang berdiri di pinggir kali," katanya, Rabu (30/7).

Gubuk Liar di Kemayoran Dibongkar Usai Lebaran

Dikatakan Hendri, sebelum ditertibkan, PKL dan penghuni gubuk liar tersebut telah berkali-kali diberikan imbauan dan surat peringatan.  

"Tentunya kita sudah kasih imbauan ke mereka agar tidak membuka usaha dan mendirikan bangunan di lokasi, tapi tidak pernah digubris," tuturnya.

Menurut Hendri, penertiban yang digelar hari ini berlangsung lancar dan kondusif tanpa adanya perlawanan baik dari PKL maupun penghuni gubuk liar. Puluhan gerobak dan lapak dagangan PKL di lokasi langsung diangkut ke tiga truk Satpol PP.

"Gubuk liar semi permanen di pinggir kali kita bongkar dan diangkut ke dua truk Sudin Kebersihan Jakarta Pusat," ucapnya.

Keberadaan PKL dan gubuk tersebut, lanjut Henri, telah melanggar Perda No 8 tahun 2007 tentang ketertiban umum. Untuk itu, perlu dilakukan tindakan tegas agar tidak membuat kesemrawutan kota.  

"Mereka sudah mengganggu arus lalu lintas dan merusak pemandangan, karena itu kami tertibkan," tegasnya.

Hendri menambahkan, penertiban PKL dan gubur liar kembali akan dilanjutkan pada 31 Juli mendatang. Namun, lokasi atau titik razia masih dirahasiakan untuk mengantisipasi adanya kebocoran.

"Tanggal 31 nanti kita adakan razia PKL dan gubuk liar lagi di lokasi lain. Mengenai lokasinya saya belum bisa beritahu," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Selektif Verifikasi Data, Disdik DKI Pastikan KJP Plus Tepat Sasaran

    access_time05-07-2024 remove_red_eye1468 personTP Moan Simanjuntak
  2. Jaksel dan Jaktim Diprakirakan Hujan Hari Ini

    access_time30-06-2024 remove_red_eye1219 personFolmer
  3. Satgas LH Angkut 56 Ton Sampah dari Kawasan Monas

    access_time02-07-2024 remove_red_eye1159 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. Jakbar dan Jaksel Bakal Diguyur Hujan Sore Ini

    access_time29-06-2024 remove_red_eye1149 personAnita Karyati
  5. Beritajakarta Dapat Penghargaan pada ASEAN+ Youth Environmental Action 2024

    access_time29-06-2024 remove_red_eye948 personNurito