You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Penataan Perangkat Daerah DKI Jakarta Menguntungkan Publik
.
photo Yopie Oscar - Beritajakarta.id

Penataan Perangkat Daerah akan Hemat Anggaran

Penataan struktur organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta membawa dampak positif.

Perampingan atau penataan perangkat daerah secara otomatis berdampak pada anggaran belanja  publik akan lebih besar dibandingkan pegawai

"Perampingan atau penataan perangkat daerah secara otomatis berdampak pada anggaran belanja publik akan lebih besar dibandingkan pegawai," kata Dhany Sukma, Kepala Biro Organisasi dan Reformasi Birokrasi  DKI Jakarta, Kamis (1/12).

Ia mengatakan, raperda penataan perangkat daerah diusulkan ke DPRD DKI Jakarta untuk ditetapkan sesuai amanat PP Nomor 18 tahun 2016.

Raperda Susunan Perangkat Daerah Dibahas

Dhany mengungkapkan, pihaknya belum mengetahui jumlah jabatan yang akan dihapus setelah raperda penataan dan susunan  perangkat daerah baru disahkan oleh DPRD DKI.

"Jumlah pegawai tetap sesuai dengan eksisting. Yang hilang struktur saja, dirampingkan sesuai arah reformasi birokrasi di bidang kelembagaan yakni tepat ukuran dan fungsi," ungkapnya.

Ia menjelaskan, mekanisme perampingan struktur organisasi berdasarkan tiga tipologi beban kerja perangkat daerah. Tipologi A memiliki empat bidang, tipologi B terdiri dari tiga bidang dan C memiliki dua bidang.

"Misalkan, bidang pendidikan yang mengemban tugas besar, maka berdiri sendiri. Kalau digabung, khawatir malahan tidak efektif nantinya," jelasnya.

Ia menambahkan sesuai PP, dari 53 menjadi 42 organisasi perangkat daerah. Beban kerja perangkat daerah dibangun sistemnya oleh Kementerian Dalam Negeri yang berlaku di seluruh Indonesia.

"Hanya saja DKI Jakarta bersifat khusus, maka perangkat kerja daerah ada di tingkat provinsi yang bersifat tunggal," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1214 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1090 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1039 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye829 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye771 personBudhi Firmansyah Surapati