You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Transjakarta akan Dilengkapi Tombol Darurat
.
photo Yopie Oscar - Beritajakarta.id

PT Transjakarta Siapkan Standar Keamanan Bus

PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) akan membuat standar khusus untuk bus yang dipesan. Nantinya semua bus akan dilengkapi dengan tombol darurat. Ini untuk meningkatkan sistem keamanan bus.

Kami akan membuka suatu standar wiring system yang terintegrasi dengan mesin, body, dan AC. Ini sedang kami rancang melibatkan beberapa pabrikan dan karoseri

Direktur Utama PT Transjakarta, Budi Kaliwono mengatakan, pihaknya tengah menyiapkan standar keamanan untuk semua bus. Salah satunya terkait dengan perkabelan dan sistem pemutus daya.

"Kami akan membuka suatu standar wiring system yang terintegrasi dengan mesin, bodi, dan AC. Ini sedang kami rancang melibatkan beberapa pabrikan dan karoseri," ujar Budi, di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (14/12).

Ini Penyebab Bus Transjakarta Terbakar di BNN

Dia menambahkan, setiap bus harus ada tombol darurat untuk pemutus daya. Sehingga jika terjadi sesuatu bisa diminimalisir dampaknya. Tombol darurat akan diletakan di tempat yang mudah dijangkau oleh awak bus, baik pramudi maupun petugas on board.

"Kami desain ada beberapa sistem kontrol tersebut. Sementara tombol darurat akan ada di ruang kabin, ruang mesin, dan sumber daya aki untuk memutuskan arus listrik," katanya.

Standar ini dibuat karena bus Transjakarta dipesan dari berbagai merek dan karoseri. Sehingga nantinya letak tombol darurat di semua bus sama. "Kalau tidak dibuat standar nanti karoseri bisa berimprovisasi," tandasnya.

Standar ini juga akan diusulkan ke Kementerian Perhubungan. Diharapkan ke depan tidak hanya menjadi standar untuk bus Transjakarta saja, tetapi juga untuk bus lainnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1267 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1236 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1186 personTiyo Surya Sakti
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1068 personNurito
  5. Jakarta Raih Dua Medali Emas dari Cabor Drumband di PON XXI

    access_time16-09-2024 remove_red_eye807 personFolmer