You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Perluasan New Port Tanjung Priok, 4 RW Dikosongkan
Sebanyak empat Rukun Warga (RW) di Kelurahan Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara bakal dikosongkan untuk perluasan Pelabuhan New Port Tanjung Priok. Sedikitnya terdapat 1.900 kepala keluarga (KK) yang lahan dan bangunannya akan dibebaskan. Pict : .
photo doc - Beritajakarta.id

4 RW Terkena Proyek Perluasan New Port Tanjung Priok

Sebanyak empat Rukun Warga (RW) di Kelurahan Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara, bakal dikosongkan untuk perluasan Pelabuhan New Port Tanjung Priok. Sedikitnya terdapat 1.900 kepala keluarga (KK) yang lahan dan bangunannya akan dibebaskan.

Pertengahan Agustus ini rencananya akan dimulai pengukuran dan inventarisasi di RW 10. Kalau RW 09 masih dalam kajian, sedangkan RW 12 hanya sebagian saja yang mungkin dibebaskan

Wilayah yang akan dikosongkan antara lain, RW 08, 09, 10 dan sebagian RW 12. Dengan rincian sebanyak 750 KK yang tersebar di RW 08, 450 KK di RW 09, 500 KK di RW 10 dan 200 KK di RW 12.

Lurah Kalibaru, Sahroni mengatakan, rencana perluasan pembangunan Pelabuhan New Port Tanjung Priok ini akan dimulai tahun ini dan berlanjut ke wilayah tiga RW lainnya.

Pembangunan Waduk Marunda Rampung Akhir Tahun

"Pertengahan Agustus ini rencananya akan dimulai pengukuran dan inventarisasi di RW 10. Kalau RW 09 masih dalam kajian, sedangkan RW 12 hanya sebagian saja yang mungkin dibebaskan," ujar Sahroni, Kamis (7/8).

Sahroni menjelaskan, inventarisasi dilakukan untuk memastikan uang ganti rugi yang akan dilakukan. Sebab, meskipun secara kepemilikan lahan merupakan milik pihak Pelabuhan New Port Tanjung Priok, namun secara de facto rekomendasi garapan lahan warga dikeluarkan lebih dahulu dari sertifikat. Sehingga penggantian direncanakan akan meliputi bangunan rumah dan lahan.

"Rekomendasi menggarap yang dimiliki warga dikeluarkan tahun 1966 sedangkan sertifikat lahan tahun 1970. Karena lebih dahulu warga, maka akan diganti berikut lahan, namun besarannya masih dikaji oleh tim," kata Sahroni.

Walikota Jakarta Utara, Heru Budi Hartono mengakui, adanya rencana perluasan Pelabuhan New Port Tanjung Priok. Saat ini tim yang di antaranya terdiri dari Badan Pertanahan Nasional, Sudin Perumahan dan Pembangunan Gedung Pemda, Sudin Pertamanan dan Pengadilan Negeri Jakarta Utara sedang mengkaji tindak lanjut rencana pengosongan itu.

"Yang saya tahu, rencananya di sana akan dibangun akses masuk serta parkiran kontainer. Saat ini masih diinventarisasi, kalau konsep detailnya masih dibahas," tandas Heru.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Selektif Verifikasi Data, Disdik DKI Pastikan KJP Plus Tepat Sasaran

    access_time05-07-2024 remove_red_eye4354 personTP Moan Simanjuntak
  2. Pj Gubernur Buka Secara Resmi Pameran Flona 2024

    access_time05-07-2024 remove_red_eye1875 personBudhi Firmansyah Surapati
  3. Petugas Gabungan Tangani Longsor Tebing Tol di Jalan Mulia Bhakti

    access_time06-07-2024 remove_red_eye1636 personTiyo Surya Sakti
  4. Satgas LH Angkut 56 Ton Sampah dari Kawasan Monas

    access_time02-07-2024 remove_red_eye1224 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. Parkir Liar di Jalan Senopati Ditindak

    access_time02-07-2024 remove_red_eye970 personTiyo Surya Sakti