You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Thermo Scanner
.
photo Hendi Kusuma - Beritajakarta.id

DKI Waspadai Virus Ebola di Bandara

Wabah virus Ebola (Ebola Virus Disease/EVD) yang saat ini melanda negara-negara di Afrika, diwaspadai Pemprov DKI dengan melakukan pencegahan di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. Pencegahan dilakukan dengan memasang thermoscanner (pemindai panas suhu tubuh) untuk mendeteksi para penumpang pesawat yang mengalami flu dan demam, terutama penumpang asal Afrika dan Timur Tengah.

Sama seperti pencegahan virus MERS beberapa waktu lalu, kita akan pasang thermoscanner untuk mengidentifikasi para penumpang pesawat yang mengalami demam

"Sama seperti pencegahan virus MERS beberapa waktu lalu, kita akan pasang thermoscanner untuk mengidentifikasi para penumpang pesawat yang mengalami demam," ujar Kepala Sudin Kesehatan Jakarta Barat, Widyastuti, Kamis, (14/8).

Selain dengan pemasangan thermoscanner, pihaknya dan Kementerian Kesehatan juga sudah menyiapkan laboratorium kesehatan darurat bila ada kasus yang dicurigai sebagai Ebola. Hal itu dimaksudkan untuk mencegah penyebaran virus lebih luas lagi.

Cegah MERS, DKI Kerahkan Petugas Kesehatan di Bandara

Widya menambahkan, gejala awal penderita Ebola yaitu flu dan demam. Kemudian virus itu menyebabkan pendarahan eksternal dari mata dan gusi, dan pendarahan internal yang dapat menyebabkan kegagalan organ. Karena itu, pihaknya mengimbau warga Jakarta agar menunda sementara perjalan ke negara-negara Afrika. Begitu pun jamaah haji dan umrah diminta untuk waspada dengan menghindari kontak langsung dengan penderita Ebola. Sebab, penyebaran virus Ebola tidak melalui udara, tapi melalui kontak langsung dengan penderita melalui darah atau sekret tubuh dan feses.

"Kita mengimbau agar jamaah haji dan umrah agar berhati-hati terhadap penyebaran virus Ebola dengan memperhatikan kesehatan selama di Timur Tengah," ucapnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1219 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1106 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1045 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye874 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye785 personBudhi Firmansyah Surapati