You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
2 Ton Lumpur Sisa Banjir Diangkat Dari Saluran Jl Bank
.
photo doc - Beritajakarta.id

Atasi Genangan, 30 Saluran Penghubung Dikeruk

Genangan yang kerap melanda pemukiman warga dan sejumlah ruas jalan di Jakarta Timur ketika turun hujan salah satunya disebabkan banyaknya saluran air yang tersumbat oleh sampah. Dari 130 saluran perhubung (PHB) di wilayah itu, 30 diantaranya tidak berfungsi dengan normal akibat dipenuhi sampah.

Ada sekitar 30 saluran penghubung yang dinormalisasi. Rata-rata saluran penghubung yang kita normalisasi ini lebarnya sekitar 6-8 meter

Untuk mengatasi hal itu, Suku Dinas Pekerjaan Umum (Sudin PU) Tata Air Jakarta Timur sedang menggalakkan program normalisasi saluran makro atau saluran penghubung yang ada di 10 kecamatan di wilayah itu.

"Ada sekitar 30 saluran penghubung yang dinormalisasi. Rata-rata saluran penghubung yang kita normalisasi ini lebarnya sekitar 6-8 meter. Sedangkan panjangnya tentu bervariasi, tergantung kondisi yang ada di lapangan," ujar Henry Dunant, Kepala Suku Dinas Pekerjaan Umum Tata Air Jakarta Timur, Rabu (27/8).

Atasi Banjir, DKI Akan Bangun 5 Rumah Pompa

Dia mengatakan, normalisasi saluran penghubung tersebut ditargetkan selesai menjelang akhir tahun ini. "Kita targetkan pengerjaan normalisasi 30 saluran penghubung tersebut rampung sebelum Desember nanti," ungkapnya.

Proyek normalisasi saluran penghubung tersebut menggunakan dana swakelola. Yang pasti, anggarannya jauh lebih hemat dibanding proyek lainnya. "Karena kita hanya mengeluarkan anggaran untuk honor operator dan mobilisasi alat berat ke lokasi proyek," tukasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Hujan Ringan Berpotensi Guyur Sebagian Jakarta Siang Ini

    access_time26-06-2024 remove_red_eye1341 personAnita Karyati
  2. Jaksel dan Jaktim Diprakirakan Hujan Hari Ini

    access_time30-06-2024 remove_red_eye1102 personFolmer
  3. Jakbar dan Jaksel Bakal Diguyur Hujan Sore Ini

    access_time29-06-2024 remove_red_eye1029 personAnita Karyati
  4. Satgas LH Angkut 56 Ton Sampah dari Kawasan Monas

    access_time02-07-2024 remove_red_eye995 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. Ancol Hadirkan Beragam Acara Seru di Momen Libur Sekolah

    access_time26-06-2024 remove_red_eye914 personAldi Geri Lumban Tobing