You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Bus Ulang Alik Bakal Beroperasi di 6 Ruas Tol
Direktur Utama PT Jakarta Tolroad Development (JTD), Frans Sunito mengatakan, konsep bus ulang alik memang sudah dirancang sejak semula. Dengan konsep yang ada, bus akan terus berputar di atas tol dan tidak turun..
photo doc - Beritajakarta.id

Bus Ulang Alik Bakal Beroperasi di 6 Ruas Tol

Enam ruas jalan tol dalam kota akan dilengkapi dengan transportasi umum seperti bus Transjakarta dengan konsep ulang alik.

Kita menyediakan bus ulang alik dari satu titik ke titik yang lain, di atas jalan tol tidak turun-turun bus nya

Direktur Utama PT Jakarta Tolroad Development (JTD), Frans Sunito mengatakan, konsep bus ulang alik memang sudah dirancang sejak semula. Dengan konsep yang ada, bus akan terus berputar di atas tol dan tidak turun.

"Kita menyediakan bus ulang-alik dari satu titik ke titik yang lain, di atas jalan tol tidak turun-turun busnya," kata Frans di Balaikota DKI Jakarta, Kamis (4/9).

Konsorsium Diminta Serentak Bangun 6 Ruas Tol

Selain membangun infrastruktur jalan tol, bus ulang alik juga disediakan oleh PT JTD. Namun belum diketahui jumlah bus yang akan disediakan. "Bus dari kita, kita sudah perhitungkan dalam nilai investasi," ujarnya.

Meski dilengkapi dengan angkutan umum, namun tidak ada jalur khusus. Sehingga lalu lintasnya bercampur dengan kendaraan lainnya. Tetapi tetap dilengkapi dengan halte sebagai tempat naik turun penumpang. "Kalau ada jalur khusus habis dong jalan tol-nya. Yang penting Anda tahu bus itu bercampur dengan kendaraan lain," katanya.

Dikatakan Frans, jarak antar halte nantinya tidak sedekat biasanya. Halte hanya dibangun di lokasi yang bersinggungan dengan transportasi lainnya seperti stasiun kerata api atau halte bus Transjakarta. Halte yang dibangun nantinya agak menjorok keluar, sehingga saat bus berhenti tidak menganggu kendaraan lainnya.

"Saat berhenti ada busway namanya, untuk tempat pemberhentian. Kita bikin dia keluar dulu agar tidak menghalangi kendaraan lainnya,' ungkapnya.

Sementara itu, di setiap halte akan dilengkapi fasilitas tangga dan eskalator untuk memudahkan penumpang mengakses bus ulang alik tersebut. "Di mana-mana di kota besar kalau Anda lihat naiknya pakai eskalator dan turunnya pakai tangga," ucapnya.

Dipastikan headway atau jarak antar kendaraan akan diatur sehingga setiap 10 menit bus melintas. Kendati demikian, dirinya belum bisa memastikan bus yang akan dioperasikan apakah bus gandeng atau bus tunggal. "Tergantung demand, kalau demand tinggi pakai bus gandeng. Kalau kurang tinggi kita pakai single. Yang penting adalah jarak antar bus itu, setiap 10 menit melintas," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Rano Tanggapi Pandangan Umum Legislatif terhadap P2APBD 2024

    access_time16-06-2025 remove_red_eye1066 personBudhi Firmansyah Surapati
  2. Beragam Bunga Hiasi Kantor Wali Kota Jakut Jelang HUT ke-498 Jakarta

    access_time19-06-2025 remove_red_eye1043 personAnita Karyati
  3. Anwar Apresiasi Festival Mikul Buah Perdana di Jaksel

    access_time14-06-2025 remove_red_eye982 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. Aparatur BPPJ DKI Ditanamkan Budaya Antikorupsi

    access_time17-06-2025 remove_red_eye899 personFolmer
  5. Sambut HUT Jakarta, Pemprov DKI Hapus Sanksi Pajak Kendaraan Bermotor

    access_time13-06-2025 remove_red_eye774 personAldi Geri Lumban Tobing

Hitung Mundur 22 Juni 2027

00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik