You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Hutan Kota Rawa Dongkal Beralih Fungsi
Hutan kota Rawa Dongkal yang seharusnya menjadi paru-paru kota kini telah beralih fungsi menjadi Tempat Pembuangan Sampah dan juga seringkali dijadikan lokasi berpacaran para muda-mudi. .
photo Jhon Syah Putra Kaban - Beritajakarta.id

Rp 20 Miliar untuk Penataan RTH di Jakbar

Target Ruang Terbuka Hijau (RTH) di ibu kota bukanlah pekerjaan mudah. Selain membutuhkan lahan yang luas, dana yang besar juga harus dianggarkan untuk kesuksesan program tersebut. Untuk di Jakarta Barat saja, tahun 2014 ini setidaknya membutuhkan anggaran sebesar Rp 20 miliar. Dana sebesar itu digunakan untuk 16 kegiatan perbaikan dan penataan RTH baik taman, jalur hijau dan Taman Pemakaman Umum (TPU).

Untuk jalur hijau yang hilang ada sekitar 20 persen dari total sekitar 100 jalur. Sebab, jalur hijau itu di dalamnya banyak dipengaruhi oleh sejumlah kepentingan, baik pelebaran jalan, normalisasi kali ataupun penerangan jalan umum

Teknisnya selain mengganti sejumlah tanaman yang rusak, Sudin Pertamanan Jakarta Barat juga akan memasang pagar jalur hijau yang rusak serta membuat bak tanaman untuk jalur hijau yang kerap terkena banjir, seperti di sepanjang jalur hijau di Jl Tubagus Angke.

“Kami tetap optimis sisa waktu yang hanya sekitar tiga bulan dapat untuk menghijaukan kembali semua RTH, dan menyerap seluruh anggaran tersebut. Semua berkasnya sedang dalam tahap evaluasi di Unit Layanan Pengadaan (ULP) Barang dan Jasa DKI Jakarta yang mudah-mudahan akhir bulan ini semuanya disetujui,” ujar Kadirun, Kasie Jalur Hijau Sudin Pertamanan Jakarta Barat, Kamis (4/9).

RTH Jembatan Cakung Jadi Parkir Liar

Kadirun menyebutkan, sekitar 200 taman yang ada menurutnya juga telah mengalami kerusakan. Ia mengakui jika sepanjang tahun ini belum melakukan penataan dan perbaikan. Sebab, biaya untuk penataan dan perbaikannya masih sedang dalam proses lelang di di (ULP) Barang dan Jasa DKI.

“Untuk jalur hijau yang hilang ada sekitar 20 persen dari total sekitar 100 jalur. Sebab, jalur hijau itu di dalamnya banyak dipengaruhi oleh sejumlah kepentingan, baik pelebaran jalan, normalisasi kali ataupun penerangan jalan umum,” jelasnya.

Kerusakan sejumlah jalur hijau di Jakarta Barat memang sudah cukup memprihatinkan seperti di sepanjang Jl Tubagus Angke, Grogol Petamburan, Jl Pedongkelan sisi kali Cengkareng Drain, Cengkareng, Jl Lingkar Luar Cengkareng, Jembatan Besi sisi Kali Kanal Banjir Barat (KBB), Jl Daan Mogot dan Jl Latumenten dari lampu merah Grogol sampai Jembatan Besi.

Rumput pada seluruh taman tersebut, yang awalnya tumbuh lebat dan hijau kini menjadi coklat akibat terbakar matahari. Begitu juga dengan pohon lindungnya juga banyak yang mati. Kemudian  tanahnya juga terkelupas dan tak jarang ketika hujan seperti kubangan kerbau. Bahkan, beberapa jalur hijau seperti di Jl Daan Mogot beralih fungsi akibat peninggian dan pelebaran jalan.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. UP Metrologi Dinas PPKUKM Gelar Edukasi Metrologi Legal

    access_time30-09-2024 remove_red_eye2639 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Anwar Tinjau Lokasi Pembangunan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu di Kramat Jati

    access_time29-09-2024 remove_red_eye2264 personNurito
  3. 21 Unit Pemadam Tangani Kebakaran di Gedung Bakamla RI

    access_time29-09-2024 remove_red_eye1874 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. Jakarta Entrepreneur Ikut Ramaikan Pameran Premiere Classe di Paris

    access_time29-09-2024 remove_red_eye1216 personAnita Karyati
  5. Penataan Kawasan di Jalan Bendi Besar Rampung

    access_time01-10-2024 remove_red_eye1150 personTiyo Surya Sakti