You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
calon haji kloter 5 dok beritajakarta
.
photo doc - Beritajakarta.id

Besok, DKI Berangkatkan Jamaah Haji Kloter Terakhir

Hingga 25 September 2014, sebanyak 4.914 calon haji (calhaj) atau 11 kloter sudah diberangkatkan dari Embarkasi DKI Jakarta. Sedangkan pemberangkatan kloter terakhir untuk jamaah haji asal Jakarta yaitu kloter 13 yang akan diberangkatkan pada 28 September, besok.

Keluhan jamaah terkait tidak adanya katering sehingga mereka harus membeli lauk pauk dan peralatan memasak saat di Mekkah

"Khusus DKI Jakarta sendiri tahun ini mendapatkan kuota jamaah haji sebanyak 5.668 orang dengan jumlah 13 kloter pemberangkatan," ujar Budi Utomo, Kepala Biro Pendidikan Mental dan Spiritual (Dikmental) DKI Jakarta, Sabtu (27/9).

Namun, untuk tahun ini fasilitas tambahan berupa transportasi dan katering selama di Mekkah ditiadakan. Tidak adanya fasilitas tersebut dikeluhkan oleh jamaah kepada petugas yang berangkat. Sebab, jamaah harus mencari makanan sendiri saat berada di Mekkah.

40 Petugas Dampingi Jamaah Haji DKI

"Keluhan jamaah terkait tidak adanya katering, sehingga mereka harus membeli lauk pauk dan peralatan memasak saat di Mekkah," kata Budi.

Dikatakan Budi, pada tahun-tahun sebelumnya, saat berada di Mekkah pihaknya telah menyediakan katering. Sehingga jamaah tidak kesulitan dan dapat beribadah dengan khusyuk. Sementara tahun ini, jamaah hanya mendapatkan uang tunai untuk membeli makanan.

"Mereka diberikan uang cash, lalu mencari makanan sendiri sekarang. Tapi, tidak hanya jamaah asal Jakarta, semua jamaah sama," ucapnya.

Dikatakan Budi, pada APBD 2014 pihaknya telah menganggarkan untuk kedua fasilitas tambahan tersebut. Meski telah disetujui oleh DPRD DKI, namun tidak mendapatkan persetujuan dari Kementerian Agama (Kemenag). Sedangkan, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah menyetujui, walaupun dengan catatan. Sehingga pada APBD Perubahan, anggaran dikembalikan ke kas negara. Padahal, pemberian fasilitas tersebut sudah dilakukan sejak beberapa tahun terakhir. Sedangkan untuk di Madinah jamaah haji mendapatkan fasilitas tersebut.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1219 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1104 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1045 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye866 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye783 personBudhi Firmansyah Surapati