You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Jamaah Haji dan Umroh Diminta Waspadai Virus Ebola
.
photo doc - Beritajakarta.id

Jamaah Haji DKI Diminta Waspadai Virus Ebola

Merebaknya virus Ebola (Ebola Virus Disease/EVD) di negara Afrika diminta diwaspadai calon jamaah haji Indonesia. Untuk mencegah penyebaran virus mematikan tersebut Kementerian Kesehatan dan Pemprov DKI akan memberikan pengarahan wawasan dan pencegahan dini tentang virus Ebola kepada Tim Haji dan Umrah yang akan berangkat ke Tanah Suci.

Kita tahu di Tanah Suci banyak juga jamaah haji dan umrah asal Afrika, untuk itu jamaah Indonesia diminta untuk waspada

Kasudin Kesehatan Jakarta Barat, Widyastuti mengatakan, pengarahan kesehatan tersebut sangat penting dilakukan mengingat jumlah korban yang meninggal akibat Ebola telah mencapai 1.700 jiwa. Untuk itu jamaah haji dan umrah Indonesia harus waspada dan menghindari kontak langsung dengan orang yang memiliki ciri-ciri terjangkit penyakit mematikan tersebut.

"Kita tahu di Tanah Suci banyak juga jamaah haji dan umrah asal Afrika, untuk itu jamaah Indonesia diminta untuk waspada," ucapnya, Jumat (15/8).

DKI Waspadai Virus Ebola di Bandara

Widya menambahkan, gejala awal penyakit Ebola yaitu flu dan demam. Kemudian virus itu menyebabkan pendarahan eksternal dari mata dan gusi, dan pendarahan internal yang dapat menyebabkan kegagalan organ. Menurutnya penyebaran virus Ebola tidak melalui udara, tapi melalui kontak langsung dengan penderita baik melalui darah atau sekret tubuh dan feses.

"Ada tiga hal yang kita lakukan agar Ebola tidak masuk dan menyebar di Indonesia yaitu pencegahan dini, identifikasi, dan tanggap darurat," tambah Widya.

Berdasarkan laporan dari kepala 56 puskesmas kelurahan dan 8 puskesmas kecamatan, wilayah Jakarta Barat sampai saat ini tidak ada tanda-tanda atau orang yang terkena virus Ebola. Namun begitu, pihaknya tetap meningkatkan kewaspadaan, termasuk dengan melakukan monitoring orang di Bandara Soekarno Hatta dengan thermoscanner (pemindai panas suhu tubuh).

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1214 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1090 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1038 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye828 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye771 personBudhi Firmansyah Surapati