You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
taman hutan kota penjaringan beritajakarta
.
photo Wahyu Ginanjar Ramadhan - Beritajakarta.id

DKI Optimis Penambahan RTH Lebih Besar dari Tahun Lalu

Penambahan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di ibu kota sering kali terkendala dengan pembebasan lahan. Selama periode Januari-September 2014 saja, Pemprov DKI Jakarta baru berhasil menambah dua hektare lahan untuk RTH. Padahal, setiap tahunnya ditargetkan penambahan RTH mencapai 50 hektare. Meskipun begitu, Pemprov DKI optimis penambahan RTH tahun ini lebih besar dibandingkan tahun lalu.

Tahun lalu kita hanya bisa tambah 10 hektare saja, masih jauh dari target

Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta, Nandar Sunandar mengatakan, sejak tahun lalu ditargetkan penambahan RTH mencapai 50 hektare setiap tahunnya. Namun, lantaran terkendala pembebasan lahan, target tersebut pada tahun lalu tidak tercapai. "Tahun lalu kita hanya bisa tambah 10 hektare saja, masih jauh dari target," kata Nandar, Selasa (30/9).

Bahkan untuk tahun ini, hingga September penyediaan lahan untuk RTH baru mencapai dua hektare saja. Kendati tinggal tiga bulan waktu yang tersisa, Nandar tetap optimis penambahan RTH tahun ini bisa lebih banyak dari tahun lalu. Meski tidak sesuai target semula, tahun ini dirinya optimis bisa menyediakan lahan hingga 40 hektare. Ia mengaku program penambahan ruang terbuka hijau tak mudah. Menurut dia, banyak kendala di lapangan terutama dalam pembebasan lahan.

DKI Targetkan Tambah RTH Hingga 100 Hektare

“Kadang pemiliknya sudah setuju mau menjual, tapi tidak jadi. Pas ke lokasi banyak gubuk liar dan lahan sengketa, dan lainnya," jelasnya.

Ke depan, pihaknya akan lebih teliti saat hendak melakukan proses pembelian lahan. Termasuk akan melakukan pengecekan terlebih dahulu ke lokasi untuk memastikan kondisi di lapangan. Terlebih DKI Jakarta memiliki anggaran untuk penambahan RTH dan tahun ini telah dianggarkan dalam APBD DKI sebesar Rp Rp 1,35 triliun. Sementara tahun depan akan dianggarkan sebesar Rp 1,5 triliun.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Jaksel dan Jaktim Diprakirakan Hujan Hari Ini

    access_time30-06-2024 remove_red_eye1214 personFolmer
  2. Satgas LH Angkut 56 Ton Sampah dari Kawasan Monas

    access_time02-07-2024 remove_red_eye1154 personBudhi Firmansyah Surapati
  3. Jakbar dan Jaksel Bakal Diguyur Hujan Sore Ini

    access_time29-06-2024 remove_red_eye1142 personAnita Karyati
  4. Selektif Verifikasi Data, Disdik DKI Pastikan KJP Plus Tepat Sasaran

    access_time05-07-2024 remove_red_eye1035 personTP Moan Simanjuntak
  5. Beritajakarta Dapat Penghargaan pada ASEAN+ Youth Environmental Action 2024

    access_time29-06-2024 remove_red_eye943 personNurito