You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
PKL Liar Kuasai Trotoar dan Saluran Air Pasar Serdang
.
photo doc - Beritajakarta.id

PKL Pasar Serdang Diminta Ditata Ulang

Keberadaan puluhan pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di depan Pasar Serdang di Jalan Serdang 1, Kemayoran, Jakarta Pusat makin membuat semrawut kawasan itu. Selain lokasi jualannya menyerobot trotoar, arus lalu lintas di depan pasar pun kerap mengalami kemacetan.

Kami berharap agar PD Pasar Jaya segera melakukan penertiban serta membangun lokasi parkir agar pengunjung tidak parkir sembarangan

Pantauan beritajakarta.com, puluhan PKL itu berjualan bermacam-macam dagangan, seperti barang kelontong, pakaian, buah-buahan dan sayuran. Di lokasi tersebut juga dimanfaatkan menjadi tempat parkir liar sepeda motor.   

Pasar Slipi Akan Dilengkapi Rusunawa

"Warga sudah sering mengeluhkan kondisi PKL yang membuat semrawut kawasan itu. Kami berharap agar PD Pasar Jaya segera melakukan penertiban serta membangun lokasi parkir agar pengunjung tidak parkir sembarangan," kata Iyan Sopian Hadi, Camat Kemayoran kepada beritajakarta.com, Selasa (14/10).

Menurut Iyan, penataan Pasar Serdang sudah mendesak dilakukan. Diharapkan dengan penataan tersebut, nantinya tidak ada lagi PKL yang berjualan di atas trotoar dan saluran air. "Kalau memang harus dipindahkan dulu pedagangnya untuk sementara, kami siap menyediakan tempat relokasi," jelasnya.

Dihubungi terpisah, Manajer Humas PD Pasar Jaya, Agus Lamun menuturkan, Pasar Serdang telah masuk dalam program pengembangan yang tengah digodok pihaknya. Nantinya pasar tersebut akan dibangun dengan dana penyertaan modal pemerintah (PMP).

"Pembangunan Pasar Serdang akan dilakukan bertahap dengan dana PMP. Selain Pasar Serdang, seluruh pasar lain juga masih perlu pembenahan," kata Agus.

Namun sayangnya, kata Agus, Pasar Serdang tidak termasuk 10 pasar yang kondisinya mendesak untuk dibenahi. Ke-10 pasar yang masuk skala prioritas antara lain, Pasar Sinar, Pasar Pelita, Pasar Citra Garden, Pasar Kombongan dan Pasar Walang Baru. Untuk tahap awal dana PMP yang diperoleh Rp 175 miliar. 

"Khusus Pasar Serdang termasuk gelombang dua pasar yang akan kami benahi," tandas Agus.

Sekadar diketahui, PD Pasar Jaya menerima dana PMP awal sebesar Rp 170 miliar dari total Rp 5 triliun yang telah disetujui oleh DPRD DKI Jakarta. Pemberian PMP oleh Pemprov DKI berawal dari kondisi 153 pasar tradisional yang dikelola oleh PD Pasar Jaya kurang memadai. 

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1224 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1123 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1091 personTiyo Surya Sakti
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1057 personNurito
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye985 personAldi Geri Lumban Tobing