You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
21 Titik Saluran di Koja Diperbaiki
.
photo doc - Beritajakarta.id

Antisipasi Banjir, 21 Titik Saluran di Koja Diperbaiki

Sebanyak 21 titik drainase di wilayah Kecamatan Koja, Jakarta Utara, dikeruk dan dilakukan refungsi. Dengan pengerukan sampah dan lumpur saluran tersebut, diharapkan sistem saluran air mikro itu dapat mengurangi dampak genangan yang terjadi.

Turapnya banyak yang runtuh sehingga menutup saluran. Perbaikannya kita langsung pasang u-ditch

Kepala Seksi Pemeliharan Sumber Daya Air, Sudin Pekerjaan Umum (PU) Tata Air Jakarta Utara, Kuryatna Atmadja mengatakan, dari 21 titik tersebut, 15 titik di antaranya mengalami kerusakan dan sedang dilakukan perbaikan. Ke-15 lokasi tersebut yakni, di Jl Mundu, Jl Lagoa Sinar, Jl Rawa Badak Barat, Mantang dan Palem.

"Turapnya banyak yang runtuh sehingga menutup saluran. Perbaikannya kita langsung pasang u-ditch," ujarnya, Rabu (22/10).

Atasi Banjir, Saluran PHB Utan Kayu Diperbaiki

U-ditch yang dipasang bervariasi ukurannya mulai dari 60 hingga 100 sentimeter sesuai dengan existing saluran. Sedangkan 6 saluran lainnya seperti di Jl Mundu Sisi Utara, Jl Mantang Sisi Barat, Jl Melati Sisi Utara dan Selatan, Jl Murtado Sisi Utara dan Selatan hanya dilakukan pengurasan.

Diharapkan perbaikan dan pengurasan saluran yang dilakukan akan mengurangi dampak genangan yang mungkin terjadi saat puncak musim penghujan nanti. Sebab, di Kecamatan Koja yang terdiri dari 6 kelurahan, 4 di antaranya yakni, Kelurahan Rawabadak Utara, Rawabadak Selatan, Tugu Selatan dan Tugu utara tergenang antara 20-100 sentimeter pada Januari 2014 lalu. Dibanding wilayah lain, Kecamatan Koja tergenang relatif lebih lama. Genangan terjadi hingga hampir dua pekan atau hingga pertengahan Februari baru kemudian surut. Karena itu pekerjaan yang tengah difokuskan ini diperkirakan akan selesai sebelum akhir Desember mendatang.

"Mudah-mudahan pertengahan Desember nanti sudah selesai. Minimal, bila sebelum diperbaiki genangan mencapai 2 pekan, tapi nanti satu hari sudah mulai surut," harapnya.

Dengan diperbaikinya saluran akan memperlancar aliran air. Kemudian, air yang mengalir dari saluran mikro tersebut nantinya juga akan dipompa oleh 4 rumah pompa yaitu, Pompa Waduk Rawa Badak, Pompa Pinang, Pompa Sindang dan Pompa Lagoa ke Kali Sunter menuju laut.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1223 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1121 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1051 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1011 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye946 personAldi Geri Lumban Tobing