You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
80 Lapak PKL di Taman Sari Ditertibkan
.
photo doc - Beritajakarta.id

80 Lapak PKL di Taman Sari Ditertibkan

Sebanyak 80 lapak pedagang kaki lima (PKL) di sekitar Jl Taman Sari Raya, tepatnya di sepanjang Pasar Asam Reges, Jakarta Barat, ditertibkan petugas gabungan Satpol PP, TNI/Polri, Senin (27/10).

Keberadaan lapak PKL tersebut sudah sangat mengganggu karena membuat kawasan tersebut jadi tampak kumuh

Kasatgaspol PP Kecamatan Taman Sari, Purnama, mengatakan, pembongkaran lapak PKL tersebut dilakukan karena berdiri di ruang umum. Selain itu, lapak tersebut berdiri di atas saluran air dan trotoar sehingga melanggar Perda Nomor 8 tahun 2007 tentang ketertiban umum.

“Keberadaan lapak PKL tersebut sudah sangat mengganggu karena membuat kawasan tersebut jadi tampak kumuh, juga membuat petugas sulit untuk membersihkan saluran air hingga terpaksa seluruhnya kami bongkar,” ujar Purnama, Senin (27/10).

50 Lapak PKL di Jl Stasiun Angke Ditertibkan

Penertiban yang dilakukan, kata Purnama, berlangsung lancar dan aman. Pasalnya, dua minggu sebelum melakukan pembongkaran, pihaknya sudah melakukan sosialisasi pada pemilik lapak untuk mengosongkan dengan membongkar sendiri lapaknya. “Lapak PKL tersebut umumnya dibuat untuk usaha dagang onderdil motor dan mobil, bengkel bubut, dagang makanan, minuman dan lain-lain,” ucapnya.

Camat Tamansari, Paris Limbong mengatakan, para pedagang yang dibongkar telah sepakat untuk mengosongkan lapak. Sesuai kesepakatan dengan para PKL, untuk PKL onderdil beberapa ada yang sepakat dipindahkan ke dalam Pasar Asam Reges.

Johan (35), pedagang yang memiliki lapak bengkel bubut mengaku, tak bisa berbuat banyak untuk melawan pembongkaran tersebut. Pasalnya, dirinya sudah diberitahu lewat surat edaran serta mengakui kalau berjualan di tempat yang salah.

"Saya sudah salah berjualan di atas saluran air, pemberitahuan sudah ada. Tapi paling tidak pemerintah memberikan kami lapak lain agar bisa berdagang lagi," pintanya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1216 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1100 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1042 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye848 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye778 personBudhi Firmansyah Surapati