You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Penyerapan APBD Sudin PU Air Jakpus Rendah
.
photo doc - Beritajakarta.id

Penyerapan APBD Sudin PU Air Jakpus Rendah

Karena kondisi  sheet pile sudah sangat parah sehingga berpotensi menimbulkan banjir di kawasan sekitarnya

Akibat terkendala sistem lelang yang baru, memasuki Triwulan IV (Oktober-Desember) tahun anggaran 2014, realisasi penyerapan APBD di Suku Dinas Pekerjaan Umum (PU) Air Jakarta Pusat masih di bawah 40 persen. Tepatnya, penyerapan anggaran baru mencapai sekitar Rp 260 miliar dari total anggaran Rp 670 miliar.

Akibatnya beberapa proyek vital untuk menanggulangi banjir di wilayah Jakarta Pusat belum dapat direalisasikan tahun. Proyek-proyek itu antara lain, pembangunan sheet pile atau turap di Jalan Rawasari Raya atau Rawa Kerbo, Jalan Sentiong dan Jalan PHB Nangka (Jalan Kali Baru Timur dan Jalan Kali Baru Barat).

Atasi Banjir, Saluran PHB Utan Kayu Diperbaiki

"Proyek-proyek akan kami usulkan kembali untuk dikerjakan tahun depan. Karena kondisi sheet pile sudah sangat parah sehingga berpotensi menimbulkan banjir di kawasan sekitarnya," kata Herning Herning Wahyuningsih, Kepala Sudin PU Air Jakarta Pusat, Selasa (28/10).

Herning menjelaskan, selain pembangunan turap, metode lain penanggulangan banjir yakni dengan cara memperbanyak bidang resapan air. Tempat resapan air ini nantinya berfungsi untuk menyimpan air saat banjir datang. Dengan begiru bisa mengurangi tingkat air yang berada di jalan raya.

“Cara itu semacam tandon air. Nanti di atasnya ditutupi taman, sehingga saat banjir datang airnya bisa masuk ke situ," ujar Herning.

Menurut Herning, salah satu bidang resapan air yang sudah berhasil mengurangi banjir berada di sepanjang Jalan Ahmad Yani. Bahkan daerah resapan air itu mampu menampung air hingga 2.000 meter kubik.

Herning menambahkan, sebenarnya di Jakarta Pusat masih banyak aset milik Dinas PU DKI yang bisa dijadikan tempat resapan air, seperti di Jalan Cempaka Putih Barat dan Jalan Cempaka Putih Timur.

"Sayangnya di tempat-tempat itu saat ini justru dimanfaatkan warga untuk berdagang. Kami berharap agar lokasi-lokasi itu ditertibkan sehingga kami bisa langsung membangun  bidang resapan air," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1223 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1121 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1050 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye966 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye928 personAldi Geri Lumban Tobing