You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
malam anugrah karya jurnalistik
.
photo Andry - Beritajakarta.id

Pemprov DKI Berkomitmen Kedepankan Keterbukaan Informasi

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jaya kembali menggelar acara malam anugerah jurnalistik MH Thamrin, di gedung Balaikota DKI Jakarta, Jumat (7/11) malam. Acara bertajuk "Penghargaan Tertinggi Wartawan Jakarta" itu diikuti sejumlah pewarta dari media cetak, online, televisi dan radio yang karya-karya jurnalistiknya ditetapkan dewan juri masuk nominasi.

untuk mengusung keterbukaan, kita perlu menjalin kemitraan dengan insan pers

Hadir dalam acara tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta Saefullah, Ketua PWI DKI, Endang Werdiningsih serta para tokoh dan insan pers Indonesia.

KPK Soroti Penerimaan Pajak DKI

Sekda Provinsi DKI, Saefullah mengaku gembira karena acara malam anugerah MH Thamrin pada tahun ini melibatkan mahasiswa komunikasi dari berbagai perguruan tinggi di Jakarta. Hal itu menandakan tulisan berita di media masa mendatang akan lebih berkualitas karena melibatkan mahasiswa komunikasi. "Mahasiwa ini memang betul sudah punya niat dalam bidang jurnalistik dan didukung secara akademis tentang pers ke depan," ujar Saefullah saat menyampaikan sambutannya, Jumat (7/11).

Dikatakan Saefullah, semenjak Joko Widodo menjabat Gubernur DKI Jakarta, sedikitnya ada 100 pewarta yang meliput di lingkungan Balaikota. Kondisi demikian membuktikan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI mengedepankan efisiensi dan keterbukaan informasi. "Artinya tidak ada yang ditutup-tutupi lagi dan untuk mengusung keterbukaan, kita perlu menjalin kemitraan dengan insan pers," tuturnya.

Saefullah meyakini, kehadiran pewarta di lingkungan Balaikota ini akan menggiring Pemprov DKI ke arah pemerintahan yang bersih dan transparan. Karena itu, penghargaan terhadap karya karya jurnalistik para insan pers seperti ini, perlu didukung dan dilestarikan. "Saya ucapkan selamat kepada para insan pers yang berhasil juara atau masuk nominasi," katanya.

Sementara itu, Ketua PWI Jaya, Endang Werdiningsih menuturkan, penghargaan karya jurnalistik terbaik ini dimulai sejak 39 tahun silam dan selalu digelar tepat dengan hari ulang tahun Jakarta. Karya jurnalistik yang dikutsertakan ke dalam lomba ini harus sudah dipublikasikan mulai 1 Juni 2013-30 Mei 2014. "Karya jurnalistik yang diikut serta ialah karya yang memberikan masukan pada Pemprov DKI, khususnya dalam hal perbaikan kehidupan berbangsa," ujarnya.

Ia menerangkan, seluruh karya jurnalistik yang dilombakan, sebelumnya disaring agar bersih dari pelanggaran kode etik jurnalistik. Selanjutnya, karya jurnalistik yang lolos seleksi awal dibagi ke dalam delapan kelompok sesuai kategori. "Masing-masing kelompok dinilai tiga dewan juri dari unsur akademisi, praktisi dan pengamat pers," ucapnya.

Dalam acara anugerah jurnalistik MH Thamrin tahun 2013-2014 ke-40 tahun itu, sejumlah wartawan meraih juara satu dan nominasi. Antara lain, Ilham Saputra, wartawan Koran Sindo yang menyabet juara 1 artikel Layanan Publik berjudul "DKI Belum Mampu Atasi Transportasi".

Atas prestasinya itu, ia mendapatkan satu unit sepeda motor dan membawa pulang uang Rp 5 juta.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1223 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1121 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1050 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye973 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye930 personAldi Geri Lumban Tobing