You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Disparbud DKI Evaluasi Operasional Bus City Tour Saat Akhir Pekan
Disparbud DKI Evaluasi Operasional Bus City Tour Saat Akhir Pekan Tingginya animo masyarakat Jakarta terhadap bus tingkat pariwisata atau city tour saat akhir pekan menjadi perhatian Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta. Mengingat, bus tingk.
photo doc - Beritajakarta.id

Armada Bus Tingkat Wisata Idealnya 20 Unit

Sudah hampir sepuluh bulan, bus tingkat wisata atau city tour beroperasi di Jakarta. Dalam kurun waktu itu, minat warga ibu kota menggunakan bus tingkat wisata tersebut terbilang sangat tinggi. Namun hal itu tidak didukung dengan jumlah armada yang memadai.

Bus hanya ada lima, tempat duduk 300. Ada sekitar 3.000 orang yang menaiki bus itu setiap hari. Idealnya, memang armada ditambah 15 unit

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta, Arie Budhiman, menyadari tingginya minat masyarakat menggunakan bus tingkat wisata saat libur akhir pekan, terutama di tempat-tempat wisata seperti kawasan Monumen Nasional (Monas).

"Ya, kita menyadari hal itu. Animo warga yang ingin naik bus tingkat city tour saat weekend memang tinggi, khususnya di Monas," katanya, Sabtu (8/11).

Bus Tingkat ERP Bisa Angkut 140 Penumpang

Namun, kata Arie, lima armada bus tingkat city tour yang ada saat ini masih belum mumpuni menampung tingginya animo masyarakat saat akhir pekan. Idealnya, armada bus tingkat pariwisata tersebut paling tidak ditambah sebanyak 15 unit. "Bus hanya ada lima, tempat duduk 300. Ada sekitar 3.000 orang yang menaiki bus itu setiap hari. Idealnya, memang armada ditambah 15 unit," ujarnya.

Arie menambahkan, 15 unit armada bus tingkat tersebut idealnya ditempatkan di setiap rute. Melalui cara demikian, waktu kedatangan antar bus (headway) bisa dioperasikan per 10 menit. "Setiap rute harusnya ada lima armada. Jadi per 10 menit, bus itu lewat," ujarnya.

Ia menuturkan, hasil evaluasi bus tingkat wisata dari pihaknya ini akan direkomendasikan dan ditindaklanjuti PT Transjakarta. Sebab, mulai tahun depan, pengadaan dan pengelolaan armada bus tingkat tersebut akan dilimpahkan ke PT Transjakarta. "Hasil dari evaluasi ini akan kita serahkan ke PT Transjakarta. Karena mulai tahun depan, bus tingkat wisata dilimpahkan ke mereka," ungkapnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Jaksel dan Jaktim Diprakirakan Hujan Hari Ini

    access_time30-06-2024 remove_red_eye1207 personFolmer
  2. Jakbar dan Jaksel Bakal Diguyur Hujan Sore Ini

    access_time29-06-2024 remove_red_eye1137 personAnita Karyati
  3. Satgas LH Angkut 56 Ton Sampah dari Kawasan Monas

    access_time02-07-2024 remove_red_eye1137 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. Parkir Liar di Jalan Senopati Ditindak

    access_time02-07-2024 remove_red_eye937 personTiyo Surya Sakti
  5. Beritajakarta Dapat Penghargaan pada ASEAN+ Youth Environmental Action 2024

    access_time29-06-2024 remove_red_eye935 personNurito