You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Petugas Pantau 35 Lokasi Rumah Pompa
.
photo Bayu Suseno - Beritajakarta.id

Petugas Pantau 35 Lokasi Rumah Pompa

Untuk mengantisipasi musim penghujan, sebanyak 92 pompa di 35 lokasi di Jakarta Utara dilakukan pemeriksaan. Hasilnya, 2 dari 19 pompa yang berada di bawah kewenangan Suku Dinas Pekerjaan Umum (PU) Air Jakarta Utara mengalami kerusakan.

Memang sudah waktunya dilakukan perawatan. Segera setelah selesai diperbaiki akan kita pasang kembali

Di Jakarta Utara, dari 35 rumah pompa, 12 diantaranya merupakan kewenangan Sudin PU Tata Air Jakarta Utara. Yakni, rumah pompa Bendungan Melayu, Bimoli, Cilincing, Gaya Motor I dan II, Kampung Gusti, Pinang, Sindang, Lagoa, Luar Batang, Kapuk Ib dan Kapuk Kamal. Dari hasil monitoring yang dilakukan, diketahui satu pompa di rumah pompa Sindang dan Pinang, Kecamatan Koja mengalami kerusakan.

Satu dari dua pompa di Rumah Pompa Sindang tidak berfungsi akibat kerusakan dibagian as. Sedangkan satu dari dua pompa di Rumah Pompa Pinang mengalami kerusakan di bagian inphelor.

Antisipasi Banjir, 21 Titik Saluran di Koja Diperbaiki

Kepala Seksi Pemeliharaan Sarana dan Prasana Sumber Daya Air, Sudin PU Tata Air Jakarta Utara, Kuryatna Atmadja, mengatakan, kerusakan yang terjadi di dua pompa akibat usia pompa yang sudah tua. Keduanya dibeli sekitar tahun 1990.

"Memang sudah waktunya dilakukan perawatan. Segera setelah selesai diperbaiki akan kita pasang kembali," ujarnya, Selasa (11/11).

Untuk melakukan perbaikan, kata Kuryatna, diperkirakan membutuhkan waktu sekitar satu pekan. Pihaknya berharap, selama pompa diperbaiki tidak terjadi hujan deras sehingga dengan satu pompa di dua rumah pompa, cukup untuk mengatasi debit air di wilayah Kecamatan Koja.

"Mudah-mudahan sebelum musim penghujan curahnya tinggi pompa selesai diperbaiki. Mungkin pekan depan keduanya pompa sudah selesai diperbaiki," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1229 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1161 personTiyo Surya Sakti
  3. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1134 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1130 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1062 personNurito