You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 Anies Jadi Irup Peringatan Rapat Raksasa Ikada ke-73
.
photo Mustaqim Amna - Beritajakarta.id

Anies Jadi Irup Peringatan Rapat Raksasa Ikada ke-73

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) peringatan Rapat Raksasa Ikada ke-73, di kawasan silang Monas, Gambir, Jakarta Pusat.

Rapat Raksasa Ikada diikuti kurang lebih 250 ribu orang

Turut serta dalam upacara tersebut, Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Saefullah; Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Ratiyono; Kepala Dinas Perhubungan, Andri Yansyah; Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemprov DKI; TNI dan Polri; serta organisasi kemasyarakatan (Ormas) dan pelajar.

Dalam sambutannya, Anies mengatakan, Rapat Raksasa Ikada merupakan peristiwa bersejarah bagi Indonesia. Ketika itu, pejuang-pejuang kemerdekaan mampu menggerakkan warga dari kampung-kampung untuk berbondong-bondong datang ke Lapangan Ikatan Atletik Djakarta (Ikada).

Anies Ingatkan Pentingnya Perjuangan untuk Mengisi Kemerdekaan

"Mereka mampu menunjukkan kepada dunia, kemerdekaan Indonesia yang dideklarasikan satu bulan sebelumnya mendapat dukungan penuh dari rakyat. Rapat Raksasa Ikada diikuti kurang lebih 250 ribu orang," ujarnya, Rabu (19/9).

Anies menjelaskan, Bung Karno telah menggelorakan pekikan salam "Merdeka' untuk membangkitkan semangat dan menjadi salam sesama anak bangsa.

"Pekikan "Merdeka" itu sebagaimana diatur dalam Keputusan Presiden tertanggal 1 September 1945 dilakukan dengan posisi tangan terbuka, bukan mengepal," terangnya.

Ia menambahkan, saat Rapat Raksasa Ikada, Presiden RI, Soekarno tidak melakukan orasi sebagaimana biasa. Ketika itu, Bung Karno hanya meminta rakyat yang telah berkumpul untuk kembali pulang ke rumah masing-masing.

"Pelajaran berharga dari peristiwa itu adalah rakyat begitu taat kepada pemimpinnya, mereka yang sudah berkumpul akhirnya kembali pulang," tuturnya.

Anies mengajak, seluruh ASN di Pemprov DKI Jakarta untuk bekerja dengan tulus sebagaimana rakyat yang datang secara sukarela berkumpul di Lapangan Ikada.

"Kita berkumpul di sini, bisa merasakan begitu banyak manfaat dari kemerdekaan. Sekarang, menjadi kewajiban dan tugas kita untuk menunaikan semua yang sudah dirancang oleh pendiri bangsa," tandasnya.

Untuk diketahui, usai pelaksanaan upacara, Anies melakukan penanaman tanaman nusantara khas Jakarta yakni, pohon jambu bol harman di kawasan Monas.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. 1.461 Penumpang Tiba di Terminal Terpadu Pulogebang

    access_time12-05-2024 remove_red_eye1808 personNurito
  2. Personel Gabungan Gelar AKMP di RW 02 Kebon Pala

    access_time12-05-2024 remove_red_eye1806 personNurito
  3. Gerimis Basahi Sebagian Jakarta Siang Ini

    access_time12-05-2024 remove_red_eye1800 personAnita Karyati
  4. 42.878 Wisatawan Kunjungi Kawasan Monas

    access_time12-05-2024 remove_red_eye1774 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. Libur Panjang, Ancol Disambangi 130.000 Wisatawan

    access_time12-05-2024 remove_red_eye1728 personAnita Karyati