You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
DPRD Resmi Umumkan Ahok Gantikan Jokowi
.
photo Erna Martiyanti - Beritajakarta.id

DPRD Umumkan Ahok Jadi Gubernur DKI

DPRD DKI Jakarta akhirnya menggelar rapat paripurna istimewa untuk mengumumkan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sebagai Gubernur DKI Jakarta, Jumat (14/11). Rapat paripurna hanya dihadiri oleh 47 dari total 102 anggota DPRD DKI.

Saya selaku ketua DPRD dengan ini secara resmi mengumumkan sekaligus mengusulkan kepada Presiden RI melalui Menteri Dalam Negeri untuk pengangkatan Plt Gubernur menjadi Gubernur

Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi mengatakan, rapat paripurna ini merupakan tindak lanjut atas surat rekomendasi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang diterimanya beberapa waktu lalu. Sebelumnya, juga telah dilakukan rapat pimpinan dengan semua fraksi.

"Saya selaku ketua DPRD dengan ini secara resmi mengumumkan sekaligus mengusulkan kepada Presiden RI melalui Menteri Dalam Negeri untuk pengangkatan Plt Gubernur menjadi Gubernur," kata Prasetyo, saat Rapat Paripurna Istimewa DPRD DKI Jakarta.

Ahok Konsen Kerja daripada Pikirkan Pelantikan

Usulan tersebut segera dikirim kepada Presiden melalui Kemendagri agar pelantikan Basuki bisa segera dilakukan. "Saya akan serahkan ke Kemendagri, mungkin hari ini akan saya serahkan,' katanya.

Kendati demikian, dirinya belum bisa memastikan untuk waktu pelantikan. Karena kewenangannya ada di tangan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Terlebih, saat ini Jokowi tengah berada di Australia untuk tugas kenegaraan. "Ya tergantung Presiden untuk memerintahkan Kemendagrinya," ucapnya.

Dia tidak mempermasalahkan jika rapat paripurna istimewa DRPD hanya dihadiri oleh segelintir anggota. Sebab rapat kali ini hanya untuk mengumumkan Basuki sebagai pengganti Jokowi. "Ini tidak ada tolak menolak. Ini saya mengumumkan, sesuai arahan dari Kemendagri," ucapnya.

Pantauan beritajakarta.com, rapat paripurna hanya berlangsung kurang dari 10 menit. Bahkan saat memimpin rapat, Prasetyo tidak ditemani oleh keempat wakilnya yakni M Taufik dari Gerindra, Triwisaksana dari PKS, Abraham Lunggana dari PPP, dan Ferrial Sofyan dari Demokrat.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. KPK dan UP Metrologi Gelar Sharing Sesion Kalibrasi

    access_time12-09-2024 remove_red_eye2096 personBudhi Firmansyah Surapati
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1203 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1078 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1022 personNurito
  5. Cabor Layar Jakarta Raih Emas Pertamanya di PON XXI

    access_time12-09-2024 remove_red_eye803 personAldi Geri Lumban Tobing