You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Pemasangan Sheet Pile Kali Utan Kayu Terkendala Pembebasan Rumah Warga
.
photo Jhon Syah Putra Kaban - Beritajakarta.id

Pemasangan Turap Beton Terkendala Rumah Warga

Upaya Pemkot Administrasi Jakarta Pusat untuk segera merampungkan pembangunan sheet pile atau turap beton di Kali Utan Kayu, Kelurahan Cempaka Putih Timur, Cempaka Putih, ternyata tidak berjalan mulus. Sebab, hingga kini masih ada tujuh rumah warga yang lahannya terkena proyek menolak untuk pindah.

Semuanya harus jelas dulu. Jangan asal pasang tiang pancang beton. Ini kan menyangkut mata pencaharian kami

Pembangunan sheet pile sepanjang dua kilometer di Kali Utan Kayu itu diharapkan mampu mengatasi banjir yang rutin mengenangi kawasan tersebut setiap musim hujan. Proyek yang sudah dikerjakan sejak Agustus lalu itu, diprediksi selesai akhir Desember mendatang.

Pantauan beritajakarta.com, tujuh rumah tersebut letaknya tepat di bibir Kali Utan Kayu yang sedang dipasangi patok-patok beton. Tak ayal ketujuh rumah itu rawan ambruk. Padahah tujuh bangunan itu masih dimanfaatkan pemiliknya untuk usaha bengkel dan rumah makan.

Jakarta Pusat Akan Perbaiki Turap Sungai

M Jawar (45), salah satu pemilik bangunan menuturkan, dirinya menolak pindah karena tidak ada kejelasan soal uang ganti rugi maupun relokasi dari Pemkot Administrasi Jakarta Pusat. Selain itu, pembangunan turap beton itu juga dinilai minim sosialisasi.

"Semuanya harus jelas dulu. Jangan asal pasang tiang pancang beton. Ini kan menyangkut mata pencaharian kami," kata Jawar, Senin (24/11).

Camat Cenpaka Putih, Lilik Yuli Handayani mengakui, tujuh bangunan yang sudah berdiri selama puluhan tahun itu belum dibebaskan Dinas Pekerjaan Umum DKI selaku kuasa pengguna anggaran. "Memang belum dibebaskan karena belum ada kata sepakat masalah uang ganti rugi," ujar Lilik.

Dihubungi terpisah, Kepala Suku Dinas Pekerjaan Umum Tata Air Jakarta Pusat, Herning Wahyuningsih menyesalkan sikap warga yang enggan lahannya dibebaskan untuk kepentingan umum. Pasalnya, dengan masih berdirinya tujuh bangunan itu membuat proyek sheet pile menjadi terhambat.

"Harusnya mereka ikhlas dibebaskan. Padahal rencananya kita mau buat jalan di sepanjang Kali Utan Kayu tersebut," jelas Herning.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1219 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1109 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1045 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye894 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye811 personAldi Geri Lumban Tobing